Berita Sabang

Kejari Kembalikan Ruko Milik Pemko Setelah Bertahun-tahun Dikuasai Warga

Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang mengembalikan 6 unit ruko milik Pemerintah Kota (Pemko) Sabang yang dikuasai masyarakat selama bertahun-tahun

Editor: bakri
Foto Humas Pemko Sabang
Kepala Kejaksaan Negeri Sabang Choirun Parapat, SH, MH menyerahkan surat-surat pernyataan dari para warga yang selama ini menempati enam unit ruko di Teupin Layeu tersebut kepada Pj. Walikota Sabang Drs Reza Fahlevi, M.Si berlangsung di aula Kejaksaan Negeri Sabang, Jum’at (25/11/2022). 

SABANG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang mengembalikan 6 unit ruko milik Pemerintah Kota (Pemko) Sabang yang dikuasai masyarakat selama bertahun-tahun.

Ke enam ruko itu berada di Teupin Layeu yang dibangun Pemko Sabang sejak tahun 2002.

Bangunan itu ditempati beberapa warga Iboih dan digunakan sebagai tempat usaha.

Karena tanpa adanya perjanjian, Kejari Sabang turun menugaskan tim untuk membantu Pemko menertibkan penguasaan aset-aset tersebut, sekaligus membantu tata kelola aset milik Pemko Sabang.

Penyerahan secara resmi penguasaan enam unit ruko milik Pemko Sabang sebagaimana bukti Sertifikat Hak Pakai nomor 00160 seluas 1.050 meter persegi tanggal 14 Desember 2020 yang ditaksir senilai Rp 1,5 miliar, berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri Sabang, Jumat (25/11/2022) Penyerahan tersebut dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri Sabang, Choirun Parapat SH MH,kepada Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, yang disaksikan Kepala BPKD Jufriadi SE MSi, Kabid Aset Mawardi STr, Kabag Hukum T Azrul Kmal SH, Kepala Inspektorat Drs Kamaruddin, Kepala Satpol PP, Camat Sukamakmue Nurmansyah Putra, dan Geuchik Iboih T Iskandar.

Kajari Sabang, Choirun Parapat, menyampaikan, keberhasilan pengembalian aset Pemko Sabang tersebut merupakan hasil kegiatan intelijen Kejaksaan Negeri Sabang sebagai wujud peran dalam membantu Pemko Sabang dalam menertibkan pendataan dan tata kelola aset-aset Pemko Sabang.

“Alhamdulillah dengan pendekatan humanis dengan bantuan tokoh-tokoh masyarakat Iboih telah berhasil menertibkan penguasaan enam unit ruko tersebut, yaitu berupa surat-surat pernyataan dari para warga yang menempati enam unit ruko di Teupin Layeu tersebut,” katanya Dikatakan, Kejaksaan Negeri Sabang tetap berkomitmen untuk terus membantu Pemko Sabang khususnya dalam penertiban aset-aset sesuai aturan yang berlaku, terutama yang terindikasi dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak berhak.

Sementara Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, menyampaikan terimakasih yang sebesarnya atas peran dan sumbangsih Kejaksaan Negeri Sabang dalam mendukung penertiban asset-aset milik Pemko Sabang selama ini, dan berharap untuk ditingkatkan kedepannya. (ap)

Baca juga: Kejari Sabang Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Periode Ke 2 tahun 2022

Baca juga: Tegakkan Syariat, Kejari Sabang Bersama Forkopimda Lakukan Uqbat Cambuk Terhadap Pelanggar Qanun

Baca juga: Tim Penyidik Kejari Sabang Geledah Kantor DLHK

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved