Breaking News:

Berita Kriminal

Dua Pria Diciduk Karena Simpan Ganja

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil menangkap dua tersangka pemilik ganja kering di dua lokasi yang berbeda..

PROHABA/RAHMAT SAPUTRA
TERSANGKA KASUS GANJA - Dua tersangka pemilik ganja kering dihadirkan dalam konferensi pers, Senin (11/1/2021), di halaman Mapolres Abdya. 

PROHABA, BLANGPIDIE - Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil menangkap dua tersangka pemilik ganja kering di dua lokasi yang berbeda dalam kawasan Kecamatan Kuala Batee, kabupaten setempat, Senin (11/1/2021) jelang subuh.

Penangkapan kedua pengedar ganja kering itu berawal dari sebuah informasi yang menyatakan kalau di kawasan tersebut akan dilakukan transaksi ganja.

Mendalami informasi itu, Satres Narkoba melakukan penyisiran ke tempat kejadian perkara (TKP) awal di Desa Alue Padee, Kecamatan Kuala Batee.

Sekira pukul 00.30 WIB, Satres Narkoba mengamankan seorang pria paruh baya berinisial Ag (44), yang merupakan warga setempat di kediamannya.

Setelah digeledah, dari tangan pria tersebut petugas mendapatkan barang bukti ganja kering sebanyak enam (6) bungkus dengan berat total 73,16 gram.

Baca juga: Beli Ganja dari Teman, Residivis Kasus Narkotika Diciduk

“Tersangka sempat tidak mau mengaku, namun upaya polisi terus melakukan pemeriksaan hingga tersangka mengaku dan menunjukkan lokasi barang haram tersebut ia simpan," ujar Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK, melalui Kabag Ops, AKP Haryono, SE, didampingi Kasat Narkoba, Iptu Mahdian Siregar, dan Kasubbag Humas, Iptu Usman T dalam konferensi pers, Senin (11/1/2021) sore, di halaman Mapolres setempat.

Atas dasar itu, lanjut AKP Haryono, pihaknya terus mendalami keterangan dari tersangka Ag, dan berhasil melakukan penangkapan terhadap Su (52), pengedar ganja lainnya.

Penangkapan itu dilakukan, sekira pukul 04.30 WIB atau jelang subuh, di Gampong Lhueng Geulumpang, Kecamatan Kuala Batee. Su merupakan warga Lhueng Geulumpang.

Dari tangan tersangka Su, Satres Narkoba kembali menemukan barang bukti yang sama yakni sebanyak 6 bungkus dengan berat keseluruhan 90,83 gram.

"Jadi total keseluruhan barang bukti yang kita temukan dari kedua tersangka sebanyak 163,99 gram," terang AKP Haryono.

Dari keterangan tersangka, sebutnya, ganja kering yang mereka dapat itu didatangkan dari luar Abdya.

"Saat ini, kita akan terus mendalami dan melakukan penyelidikan asal muasal barang haram tersebut," tegasnya.

Atas perbuatan menjadi pengedar narkoba itu, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 111 ayat (1) Subpasal 114 ayat (1) Subpasal 127 ayat (1) dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancama penjara paling lama 12 tahun dan denda maksimal Rp 8 miliar.(c50)

Editor: Muliadi Gani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved