Breaking News:

Lukisan Goa Berusia 45.500 Tahun Ditemukan di Sulawesi

Arkeolog telah menemukan lukisan goa tertua di dunia di Sulawesi. Gambar cadas tersebut dibuat setidaknya 45.500 tahun lalu ..

FOTO MAXIME AUBERT/GRIFFITH UNIVERSITY
LUKISAN GUA - Lukisan gua tertua di dunia menggambarkan babi kutil Sulawesi yang dilukis di dinding gua Leang Tedongnge berumur 45.500 tahun yang lalu. Lukisan prasejarah tertua di dunia ini mengungkapkan sejarah migrasi manusia purba modern, Homo sapiens di Nusantara, Indonesia. 

PROHABA, Arkeolog telah menemukan lukisan goa tertua di dunia di Sulawesi.

Gambar cadas tersebut dibuat setidaknya 45.500 tahun lalu dan menggambarkan babi hutan endemik Pulau Sulawesi.

Menurut para peneliti, lukisan itu menjadi salah satu penemuan yang mengungkapkan tentang jejak manusia purba modern, Homo Sapiens.

Lukisan tersebut menggambarkan hewan yang diyakini adalah babi kutil (Sus celebensis), hewan endemik Sulawesi.

Gambar cadas ini terlukis di dinding goa kapur Leang Tedongnge.

Riset tentang lukisan prasejarah tertua di dunia ini adalah kerja sama antara Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) dengan Universitas Griffi th, Australia.

Hasil riset itu dipublikasikan pada Kamis (14/1/2021) kemarin, di jurnal ilmiah Science Advances.

Pakar gambar cadas Indonesia, Adhi Agus Oktaviana mengatakan, penelitian ini dilakukan sejak tahun 2013, dan survei gambar cadas tersebut secara intens dimulai pada tahun 2015 hingga sekarang.

“Leang Tedongnge ditemukan oleh Basran Burhan (arkeolog Indonesia dari Sulawesi Selatan) dan kawankawan mahasiswa Unhas (Universitas Hasanuddin),” kata Adhi yang merupakan peneliti Arkenas yang sedang menempuh PhD di Griffi th saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Orangutan Tertua di Dunia Disuntik Mati Dalam Usia 61 Tahun

Lebih lanjut, Adhi menjelaskan, bahwa pada Januari 2018, dia dan tim peneliti melakukan pengecekan untuk melihat apakah ada sampel dating uranium series, sekaligus merekam gambar cadas tersebut.

Halaman
123
Editor: Muliadi Gani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved