Breaking News:

Jurnalisme Warga

3 Varian Olahan Ikan Depik Khas Gayo Beserta Resepnya

Menikmati kuliner yang dihasilkan dari danau air tawar, berupa hidangan gurih masakan khas tanoh Gayo, yakni ikan depik.

Editor: IKL
3 Varian Olahan Ikan Depik Khas Gayo Beserta Resepnya
FOR SERAMBINEWS.COM
RIDWANSYAH, traveller dan penikmat kuliner Gayo, melaporkan dari Takengon, Aceh Tengah.

PROHABA.CO, OLEH RIDWANSYAH, traveller dan penikmat kuliner Gayo, melaporkan dari Takengon, Aceh Tengah

Dataran Tinggi Gayo di Aceh terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Karakter rasa kopi Gayo adalah body dan aromanya yang kuat. Tingkat keasamannya pun rendah dengan sedikit rasa rempah (spice).

Rasa kopi Gayo yang kuat, tapi tidak pahit, membuatnya sangat digemari terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Karakter yang ‘clean’ membuatnya laku sebagai campuran ‘house blend’.

Berkunjung ke Tanoh Gayo selain menikmati seduhan secangkir kopi khas Tanah Gayo, pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang dihasilkan dari danau air tawar, berupa hidangan gurih masakan khas tanoh Gayo, yakni ikan depik. Ada depik masam jing, depik pengat, ada pula depik dedah.

Baca juga: Warga Dibolehkan Pulang Setelah Tak Lagi Mencium Bau Gas, Medco Masih Cari Sumber Kebocoran

Baca juga: Melanggar Syariat Islam, Dua Salon di Banda Aceh Disegel

Ikan depik merupakan ikan khas Danau Laut Tawar di Takengon, Aceh Tengah. Ikan kecil ini sejenis ikan bilis (bilih) yang ada di Danau Singkarak, Sumatera Barat.

Ikan dengan ukuran panjang 7-8 cm ini memiliki rasa gurih, tidak anyir sewaktu akan dimasak/diolah, dan tak perlu dibersihkan sisiknya. Bagian perut depik biasanya dibelah dan nyaris tak ada kotorannya lantaran depik hanya memakan hydrilla yang hidup di dasar danau.

Ikan depik segar maupun kering mudah didapat di pasar-pasar tradisional atau dijajakan di pinggir jalan di lokasi yang dekat dengan Danau Laut Tawar. Ketika matahari mulai terbit kita juga bisa menjumpai para nelayan yang ada di sekitaran danau terbesar di Aceh itu.

Ikan depik biasa ditangkap oleh nelayan setempat menggunakan jaring atau didisen (perangkap ikan depik tradisional di pinggir Danau Laut Tawar), cangkol (jaring yang dikaitkan dengan empat bilah bambu), muraun (depik digiring menggunakan lampu petromaks), dan lain-lain.

Depik dapat diolah menjadi berbagai masakan, seperti depik goreng telur, depik balado, depik tangkap, peyek depik, depik dedah, depik pepes, dan sebagainya. Namun, olahan masakan berbahan dasar ikan depik yang paling populer dan digemari masyarakat Gayo maupun para pengunjung adalah depik pengat dan depik dedah.

Rasa gurih depik dipadu dengan paduan bumbu dan rempah, membuat rasa depik pengat menjadi spesifik dan tak akan didapati di daerah lain. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit dan bumbu-bumbunya juga mudah didapatkan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved