Breaking News:

Kapal Zaman Mesir Kuno Ditemukan di Laut Mediterania

Para arkeolog menemukan bangkai kapal zaman Mesir Kuno berusia 2.200 tahun di bawah Laut Mediterania. Tak hanya itu, mereka juga menemukan kuburan...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: MILTI FOUNDATION VIA LIVE SCIENCE
BALOK dari Kuil Amun yang terkenal di zaman Mesir Kuno, menimpa kapal kuno dan diduga menenggelamkan kapal tersebut di Laut Mediterania. Tak hanya kapal kuno, kuburan kuno juga ditemukan para arkeolog di dasar laut tersebut. 

PROHABA.CO - Para arkeolog menemukan bangkai kapal zaman Mesir Kuno berusia 2.200 tahun di bawah Laut Mediterania.

Tak hanya itu, mereka juga menemukan kuburan dari kota kuno yang tenggelam di laut ini.

Dilansir dari Live Science, Rabu (28/7/2021), kapal Mesir Kuno ini tenggelam setelah dihantam balok raksasa dari kuil Amun yang terkenal.

Kapal ini disebut sebagai galai cepat, sejenis kapal de ngan layar yang besar yang akan mampu mendorong kecepatan menjadi lebih tinggi oleh pendayung.

Kapal galai cepat yang baru ditemukan itu memiliki panjang 25 meter dengan lunas datar, fi tur yang biasa ditemukan di antara kapalkapal kuno yang mengarungi Sungai Nil.

“Kapal ini tenggelam setelah menghantam balok besar di kuil Amun, yang hancur total (selama) peristiwa bencana di abad kedua sebelum masehi,” kata tim arkeolog yang dirilis oleh European Institute for Underwater Archaeology.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir dalam sebuah pernyataan pada 19 Juli 2021, peristiwa bencana besar yang menyebabkan kota kuno tenggelam di Laut Mediterania dan menenggelamkan kapal kuno itu kemungkinan adalah gempa bumi.

Galai itu sekarang terletak di bawah tanah liat dan puing-puing yang berjarak lebih dari 5 meter dari kuil.

Baca juga: Mesir Temukan Kota Emas Warisan Fir’aun yang Hilang

Para peneliti menggunakan jenis sonar baru untuk menemukannya.

“Penemuan kapal cepat dari periode ini tetap sangat langka,” kata Franck Goddio, Presiden Institut Arkeologi Bawah Air Eropa, dalam pernyataan institut tersebut.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved