Breaking News:

Vaksin Penuh Terbukti Dapat Kurangi Gejala Long Covid-19

Sebuah studi baru menemukan bahwa vaksin Covid-19 tidak hanya mengurangi risiko penyakit parah dan rawat inap, tetapi juga menurunkan kemungkinan ...

Editor: Muliadi Gani
ilustrasi vaksin - Vaksin Penuh Terbukti Dapat Kurangi Gejala Long Covid-19 

PROHABA.CO - Sebuah studi baru menemukan bahwa vaksin Covid-19 tidak hanya mengurangi risiko penyakit parah dan rawat inap, tetapi juga menurunkan kemungkinan memiliki gejala long Covid-19.

“Kami menemukan bahwa kemungkinan memiliki gejala selama 28 hari atau lebih setelah infeksi pascavaksinasi kira-kira berkurang setengahnya dengan memiliki dua dosis vaksin,” kata para peneliti, sebagaimana dikutip dari CNN.

“Hasil ini menunjukkan bahwa risiko long Covid-19 berkurang pada individu yang telah menerima vaksinasi penuh,” tambahnya.

Para peneliti dari Amerika Serikat dan Inggris menganalisis data dari orang dewasa di Inggris yang bergejala, dengan menggunakan aplikasi Covid Symptom Study.

Mereka memeriksa gejala yang dilaporkan sendiri dari pengguna aplikasi yang sudah menerima vaksin Covid-19 antara 8 Desember 2020 hingga 4 Juli 2021.

Para peneliti kemudian membandingkan gejala pengguna yang sudah divaksinasi dengan mereka yang tidak divaksin.

Data tersebut mencakup lebih dari 1,2 juta orang dewasa yang sudah menerima dosis pertama vaksin.

Baca juga: Varian Mu, Varian Baru Virus Corona yang Diawasi WHO

Sebanyak 0,5 persen atau 6.030 di antaranya dinyatakan positif Covid-19 setelah menerima dosis pertama.

Sementara, itu data 1 juta orang dewasa yang dilaporkan menerima dosis kedua vaksin, 0,2 persen atau 2.370 dinyatakan positif Covid-19 setelah disuntik vaksin dua dosis.

Peneliti kemudian menemukan beberapa kelompok yang lebih rentan terinfeksi virus corona, terutama orang yang sudah menerima vaksin dosis pertama.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved