Breaking News:

Varian Mu, Varian Baru Virus Corona yang Diawasi WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memantau munculnya varian baru virus corona bernama Mu, huruf ke-12 dari alfabet Yunani...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI varian virus corona. WHO menetapkan nama baru varian virus corona menggunakan alfabet Yunani. Dimulai dari varian Alpha, Beta, Delta, Gamma, dan sebagainya. 

PROHABA.CO - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memantau munculnya varian baru virus corona bernama Mu, huruf ke-12 dari alfabet Yunani.

Disebutkan WHO dalam buletin pandemi mingguannya, Selasa (31/8/2021), Mu secara ilmiah dikenal sebagai B.1.621 dan telah diklasifi kasikan sebagai variant of interest (VoI).

Varian Mu pertama kali terdeteksi di Kolombia pada awal tahun 2021.

Sejak terdeteksi, varian ini telah dilaporkan di beberapa bagian Amerika Selatan dan Eropa. Badan kesehatan global mengatakan, varian Mu memiliki mutasi yang menunjukkan risiko resistensi terhadap vaksin Covid-19.

Namun, para ilmuwan masih mempelajari lebih lanjut untuk memahami varian Mu dengan lebih baik.

Meski demikian, varian Mu tampaknya tak terlalu mengkhawatirkan seperti varian Delta.

Hingga saat ini, varian itu hanya menyumbang sebagian kecil dari kasus global.

Berikut ini yang perlu diketahui tentang strain Mu dari SARS-CoV-2. Apa itu varian Mu? Varian Mu dari Covid-19 yang juga dikenal sebagai varian B.1.621 pertama kali terdeteksi di Kolombia pada bulan Januari dan sekarang telah terdaftar sebagai salah satu dari lima variants of interest yang dikategorikan oleh WHO.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Pintu Masuk Virus Corona ke Sel Manusia

Itu berarti, bahwa sementara WHO menganggapnya layak untuk pemantauan khusus. Varian Mu dipandang sebagai masalah potensial yang lebih kecil daripada strain Delta atau Alpha dari virus SARS-CoV-2, yang telah ditetapkan sebagai varian yang menjadi perhatian (variants of concern) karena virulensinya yang meningkat.

Ini adalah varian pertama yang masuk dalam kategori variants of interest yang ditambahkan ke daftar sejak Juni, ketika varian Lambda dimasukkan dalam daftar.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved