Breaking News:

Regional

Kali Cipinang Meluap, 6 RW di Kelurahan Rambutan Jakarta Timur Rawan Terkena Banjir

Sebanyak enam RW di Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur tercatat jadi lokasi rawan banjir akibat luapan aliran Kali Cipinang.

Editor: IKL
ISTIMEWA
Personel Sudin SDA Jakarta Timur saat proses perbaikan turap Kali Cipinang di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2020) 

PROHABA,CO, CIRACAS - Sebanyak enam RW di Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur tercatat jadi lokasi rawan banjir akibat luapan aliran Kali Cipinang.

Camat Ciracas Mamad, mengatakan, dari enam RW tersebut ketinggian air pada empat RW paling parah karena dapat mencapai sekitar 50 sentimeter.

"Ada enam RW (rawan banjir), tapi yang cukup parah itu ada sekitar empat. RW 01, 02, 03, dan 05. Kalau hujannya agak deras di jalan tertentu bisa 40-50 sentimeter," kata Mamad di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (23/9/2021).

Menurutnya Pemkot Jakarta Timur sudah berupaya untuk melakukan penanganan banjir dengan membuat sumur resapan di lokasi rawan banjir dan genangan.

Sementara untuk upaya pengerukan Kali Cipinang ditangani pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Baca juga: Polisi di Padang Panjang Tewas Ditabrak Truk

Baca juga: Bobol Rumah Tetangga, 2 ABG di Musi Gondol Rokok hingga Perhiasan

"Memang harus diintervensinya itu kali Cipinang-nya dulu. Nah sementara kali Cipinang bukan kewenangan Pemda, kewenangan BWSCC," ujarnya.

Mamad menuturkan hingga kini sudah dibangun 85 sumur resapan guna menampung debit air saat hujan deras agar tidak sepenuhnya mengalir ke kali.

Lokasinya tersebar di lima Kelurahan dalam Kecamatan Ciracas, yakni Kelurahan Rambutan, Ciracas, Susukan, Cibubur, dan Kelapa Dua Wetan.

"Ada program menabung air sehingga itu jadi cadangan air ketika musim kemarau terjadi harapannya begitu di samping untuk simpanan air juga untuk mengurangi risiko banjir atau genangan air," tuturnya (*)

Baca juga: MA Hukum Paman Pemerkosa Keponakan 200 Bulan Penjara

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Akibat Luapan Kali Cipinang, 6 RW di Kelurahan Rambutan Jakarta Timur Rawan Banjir,

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved