Virus Corona

Dua Orang Baru Tiba di Singapura dari Afrika Selatan Positif Covid-19 Varian Omicron

Sebelumnya, dua pasien ini tiba di Singapura dari Johannesburg, Afrika Selatan dengan nomor penerbangan SQ479 pada Rabu lalu.

Editor: IKL
The Straits Times
Singapura dan Malaysia pekan depan akan meluncurkan jalur perjalanan bebas karantina di perbatasan darat mereka, salah satu yang tersibuk di dunia, bagi orang-orang yang divaksinasi Covid-19. 

PROHABA.CO, SINGAPURA - Dua penumpang yang tiba di Singapura dari Afrika Selatan dengan penerbangan Singapore Airlines (SIA) telah menjalani tes Covid-19.

Hasilnya menunjukkan positif varian baru virus corona (Covid-19) Omicron.

Pernyataan tersebut disampaikan Kementerian Kesehatan Singapura pada Kamis (2/12/2021) kemarin.

"Kedua kasus diisolasi setibanya di Singapura pada 1 Desember lalu dan belum berinteraksi di masyarakat. Saat ini tidak ada bukti penularan dari kasus-kasus ini," kata kementerian itu.

Dua pasien itu kini dalam masa pemulihan di bangsal isolasi di National Center for Infectious Diseases (NCID).

Baca juga: Varian Baru Omicron 500 Persen Lebih Menular

Baca juga: Istri dan Anak Bens Leo Masih Berjuang Sembuh dari Covid-19

Mereka juga telah divaksinasi lengkap dan hanya memiliki gejala ringan seperti batuk dan tenggorokan gatal.

Sebelumnya, dua pasien ini tiba di Singapura dari Johannesburg, Afrika Selatan dengan nomor penerbangan SQ479 pada Rabu lalu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (3/12/2021), kasus pertama merupakan penduduk tetap Singapura berusia 44 tahun yang tiba di negara itu dari Mozambik dan transit melalui Johannesburg.

"Tes pra-keberangkatannya di Mozambik pada 29 November menunjukkan hasil negatif Covid-19," papar juru bicara kementerian itu.

Sedangkan kasus kedua adalah seorang perempuan Singapura berusia 41 tahun yang datang dari Afrika Selatan.

Tes pra-keberangkatannya di Johannesburg pada 29 November negatif Covid-19.

Mereka pun telah menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) setibanya di Singapura, dan segera dibawa ke fasilitas khusus untuk diisolasi sambil menunggu hasil tes mereka.

Setelah terkonfirmasi bahwa mereka terinfeksi Covid-19, maka keduanya langsung dibawa ke NCID.

"Hasil uji PCR mereka mengungkapkan adanya S-gene Target Failure yang mungkin terkait dengan varian Omicron. Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional sedang melakukan sekuensing seluruh genom untuk mengkonfirmasi varian tersebut," tutur kementerian itu.

Perlu diketahui, sejak pukul 23.59 pada 27 November lalu, semua pemegang pass jangka panjang dan pengunjung jangka pendek dengan riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir ke Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe tidak diizinkan masuk atau transit di Singapura.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dua Orang yang Baru Tiba di Singapura dari Afrika Selatan Positif Covid-19 Varian Omicron

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved