Breaking News:

Tahukah Anda

Ini Jenis Masker yang Disarankan Ahli untuk Tangkal Omicron

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan kasus pertama varian Omicron di Indonesia kemarin, Kamis (16/12/2021). Dia mengungkapkan ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
Seorang perempuan mengenakan masker N95 untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Masker jenis ini termasuk yang direkomendasikan ahli untuk menangkal penularan varian Omicron yang 70 kali lebih cepat menular dibanding varian Delta. 

PROHABA.CO, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan kasus pertama varian Omicron di Indonesia kemarin, Kamis (16/12/2021).

Dia mengungkapkan bahwa pasien berinisial N itu merupakan pekerja pembersih di Wisma Atlet Jakarta.

"Kementerian kesehatan tadi malam mendeteksi ada seorang pasien inisial N terkonfirmasi (terpapar) Omicron pada tanggal 15 Desember," kata Menkes Budi dalam konferensi pers.

Menurut dia, setelah dilakukan WGS atau whole genome sequencing pada 10 Desember 2021, satu dari tiga orang yang diambil sampelnya telah terpapar varian Omicron.

Dua hari berselang, 17 Desember, terkonfirmasi pula bahwa di Wisma Atlet ada lima orang lagi yang juga terinfeksi varian Omicron sehingga wisma tersebut dilockdown sedikitnya dua minggu.

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa varian B.1.1.529 yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan ini lebih cepat penularannya, bahkan 70 kali lebih cepat dibanding varian Delta.

Baca juga: Walau Bergejala Ringan, Varian Omicron Menular 5 Kali Lebih Cepat,

"Varian ini memiliki jumlah mutasi yang banyak, beberapa di antaranya mengkhawatirkan," ungkap WHO seperti dilansir dari Yahoo Life, Kamis (16/12/2021).

Selain mendapatkan vaksinasi lengkap, WHO juga mengingatkan seluruh masyarakat dunia untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

Terkait penggunaan masker untuk mencegah paparan Covid-19, masker jenis apa yang direkomendasikan agar terhindar dari varian Omicron?

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved