Tahukah Anda

6 Fakta yang Harus Diketahui tentang Covid Varian Omicron

Omicron adalah varian virus baru penyebab Covid-19 yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pada akhir November 2021. Sejak pertama kali ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
Sama-sama variant of concern, bukti awal menunjukkan bahwa gejala dari varian Omicron sangat berbeda dan penularannya 70 kali lebih cepat dibandingkan varian Delta. 

PROHABA.CO - Omicron adalah varian virus baru penyebab Covid-19 yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pada akhir November 2021.

Sejak pertama kali diumumkan, varian Omicron Covid telah menyebar ke sedikitnya 89 negara, salah satunya adalah Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin pada Kamis, (16/12/2021) lalu melaporkan satu kasus Omicron Indonesia yang dialami oleh salah satu petugas pembersih di Wisma Atlet Jakarta.

Kemudian, pada Sabtu (18/12/2021) Kemenkes mengumumkan kembali empat pasien yang terkonfirmasi terpapar varian Omicron, sehingga total kasus Omicron di Indonesia bertambah menjadi lima orang.

Melansir NBC News, Selasa (21/12/2021), sejauh ini para ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba-lomba untuk memahami bagaimana penyebaran dan risiko dari keparahan penyakit yang disebabkan virus Omicron.

Berikut enam hal yang sudah diketahui dari varian Omicron.

1. Sangat cepat menyebar

Varian Omicron disebut sebagai ancaman terbesar dalam upaya untuk mengakhiri pandemi pada abad ini.

Para ahli mengatakan, varian Omicron memiliki lebih dari 30 mutasi pada protein lonjakan virus yang menyebabkan vaksin Covid-19 dan terapi monoklonal tidak efektif dalam membentuk kekebalan.

Baca juga: Negara-negara Eropa Mulai Mengunci Diri Gara-gara Wabah Covid-19 Omicron

Selain itu, mereka juga menjelaskan ada kemungkinan bahwa mutasi membuat virus Omicron lebih mudah menyebar.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengatakan bahwa varian Omicron lebih cepat menular dibandingkan varian virus corona yang terdeteksi sebelumnya.

"Kami tahu bahwa varian Omicron sangat cepat menyebar dan memang lebih cepat menyebar dibandingkan varian Delta di berbagai negara," ujar pemimpin teknis Program Darurat Kesehatabn WHO, Dr Maria Van Kerkhove dikutip dari laman Instagram resmi WHO, Jumat (17/12/2021).

2. Gejala Omicron

Meski terlihat mirip, gejala Omicron tampaknya sedikit berbeda dengan varian Covid sebelumnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved