Breaking News:

Situasi Pandemi Saat Ini Disebut Terkendali, Akankah Indonesia Beralih ke Endemi?

Tadinya, kemungkinan posisi Indonesia berganti dari pandemi menjadi endemi optimis terjadi jika tidak ada lonjakan kasus.

Editor: IKL
Freepik
Situasi Pandemi Disebut Terkendali, Akankah Indonesia Beralih ke Endemi? Ini Pendapat Ahli 

PROHABA.CO, JAKARTA- Kasus infeksi Covid-19 beberapa bulan terakhir memang melandai di Indonesia. Beberapa risiko ledakan kasus pun disebut-sebut dapat terkendali.

Apakah situasi ini menjadi pertanda bahwa pandemi Covid-19 bisa berganti menjadi endemi?

Menurut Tenaga Ahli Menkes Bidang Penanganan Covid-19, Andani Eka Putra peluang itu ada.

Tadinya, kemungkinan posisi Indonesia berganti dari pandemi menjadi endemi optimis terjadi jika tidak ada lonjakan kasus.

"Dulu sebelum Desember, optimislah. Mungkin awal Januari atau Februari paling tidak masuk fase itu. Karena semua indikator kita menujukkan kondisi bagus. Walau pun saat ini kita lihat semuanya masih bagus," ungkapnya pada siaran Radio MNC Trijaya FM, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Pasutri Investasi Bodong Yalsa Boutique Divonis Bebas

Baca juga: 4 Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Bawang Putih

Apa lagi kata Andani jika merujuk pada angka postivity rate Indonesia yang masih sekitar 0,25 persen. Kemudian tingkat keterisian tempat tidur, jumlah kasus per 100.000 ribu penduduk.

Namun kini, kehadiran varian Omicron memunculkan kewaspadaan terbaru. Indonesia sendiri kini sudah menemukan 46 kasus yang sebagian besar merupakan temuan dari kedatangan luar negeri.

Di sisi lain, adanya kebocoran pada penjagaan pintu masuk tidak dapat terelakkan di daerah perbatasan.

Menurut Andani ini adalah realita yang harus dilihat. Sehingga dapat mencegah bagaimana mempercepat endemi dengan mengendalikan pandemi.

"Salah satunya mengontrol varian baru dari luar negeri. Kemudian didorong vaksinasi Covid-19. Namun, vaksinasi tidak absolut mengurangi risiko orang terinfeksi. Tapi paling tidak ekfetifitas proteksinya 40-50 sekitar," kata Andani menambah.

Lalu selain vaksin, yang telah disiapkan adalah antisipasi bagaimana masyarakat melakukan protokol kesehatan secara baik. Dengan harapan, tidak terjadi ledakan kasus, lalu peluang untuk masuk ke fase endemi akan jadi lebih besar.

"Itu yang kalau kita lihat, apa yang telah kita lakukan. Intinya kita masih mengamati, mengobservasi bagaimana perkembangan selanjutnya," pungkas Andani.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved