Tahukah Anda

Bentuk Bumi Ternyata Tidak Bulat Sempurna

Bumi adalah tempat di mana manusia, hewan, dan tumbuhan bisa hidup karena memiliki air dan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup ...

Editor: Muliadi Gani
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi planet Bumi. Bentuk Bumi tidak bulat sempurna, tetapi lonjong. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya sentrifugal. 

PROHABA.CO - Bumi adalah tempat di mana manusia, hewan, dan tumbuhan bisa hidup karena memiliki air dan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Ketika berbicara mengenai Bumi, pembahasan seputar bentuknya memang sangatlah menarik.

Planet Bumi adalah salah satu rahasia alam semesta dan masih dipelajari sehingga banyak ilmuwan percaya bahwa planet yang kita tinggali ini berbentuk bulat seperti bola.

Namun ternyata, bentuk Bumi bukanlah bola yang sempurna, melainkan agak sedikit lonjong seperti telur.

Lantas, kenapa bentuk Bumi tidak bulat sempurna?

Sebelum menjawab hal tersebut, mari ketahui terlebih dahulu puncak tertinggi di Bumi.

Baca juga: Kutub Bumi Memanas, Antartika dan Arktik Alami Panas Ekstrem

Jika diukur dari pusat Bumi, puncak tertinggi dari planet kita ialah Gunung Chimborazo di Ekuador, bukan Gunung Everest yang dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia.

Dilansir dari Live Science, Minggu (3/4/2022) Gunung Chimborazo lebih unggul dalam hal ini karena planet Bumi sebenarnya sedikit terjepit di bagian kutubnya.

Bila diibaratkan, seperti sebuah bola yang ditekan oleh dua tangan pada bagian atas dan bawahnya sehingga khatulistiwa yang merupakan tempat Ekuador berada lebih menonjol.

Alih-alih berbentuk bola yang bulat sempurna, bentuk Bumi adalah oblate yang berarti bentuknya seperti bola yang agak pipih dan lonjong seperti telur.

Akan tetapi, bentuk lonjong itu hanya sedikit yang artinya Bumi masih tampak bulat sempurna meski tidak disadari banyak orang.

"Faktanya, kebanyakan planet dan Bulan tidak berwujud bola sejati.

Baca juga: Badai Matahari Menerjang Bumi, Sebabkan Kekacauan Sinyal Radio

Mereka biasanya terjepit dalam sejumlah cara atau hal lainnya," ujar ilmuwan planet di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat, James Tuttle Keane.

Apa yang membuat bentuk Bumi tidak bulat sempurna?

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved