Universitaria

USK Laksanakan KKN Kolaborasi dan KKN Reguler Libatkan 3.775 mahasiswa

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh pada periode Juni-Juli 2022 akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di tiga kabupaten ...

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Muliadi Gani
FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof Dr Ir Marwan (berkemeja putih dan berdasi) foto bareng dengan narasumber, pelaksana, dan para peserta pembekalan KKN di Gedung AAC Dayan Dawood USK Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (14/5/2022). 

PROHABA.CO, BANDA ACEH - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh pada periode Juni-Juli 2022 akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di tiga kabupaten: Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Aceh Besar.

KKN kali ini tergolong KKN akbar yang dilaksanakan oleh "Kampus Jantong Ate Rakyat Aceh" ini karena melibatkan mahasiswa mendekati angka 3.800-an.

"Ini rekor terbanyak dari segi jumlah mahasiswa yang ikut KKN sejak USK memberlakukan KKN sebagai bagian dari program nasional pada tahun 1973," kata Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat USK, Dr Sulastri MSi menjawab Prohaba di Banda Aceh, Senin (16/5/2022) siang.

Uniknya lagi, dalam program KKN kali ini USK melibatkan juga mahasiswa dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, dan Universitas Samudra (Unsam) Langsa.

Ini pertama kalinya USK menggandeng tiga PTN lainnya di Aceh untuk bersama- sama melaksanakan KKN.

Karena itu pula, lanjut Sulastri, KKN kali ini diberi label KKN Kolaborasi, di samping KKN Reguler Ke- 21 bagi USK.

Baca juga: Rektor USK Lantik Empat Wakil Rektor

"Jadi, fungsi USK sebagai Kampus Jantong Ate Rakyat Aceh semakin nyata untuk saling bekerja sama secara kolaboratif kolegial memberdayakan perguruan tinggi di Aceh," kata Dr Sulastri. Sementara itu,

Ketua Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) USK, Drs Zulfi tri BioMed melaporkan bahwa jumlah peserta KKN dari USK berjumlah 3.577 yang terdiri atas 1.043 mahasiswa dan 2.547 mahasiswi,

ditambah dengan peserta dari UTU 36 orang, Unimal 30 orang, dan dari Unsam 50 orang.

"Jadi, total jumlah mahasiswa peserta KKN kali ini mencapai 3.692 orang, melibatkan 120 dosen pembimbing lapangan (DPL) yang terdiri atas guru besar, kepala pusat riset A dan B, dan para DPL senior di USK," ujar Zulfitri.

Jumlah kelompok, menurutnya, disesuaikan dengan jumlah desa penempatan mahasiswa, yaitu 469 kelompok pada 469 desa.

masing-masing kelompok terdiri atas 7- 8 mahasiswa.

Sebelum berangkat ke lokasi pengabdian, para peserta KKN dibahani dengan materi-materi esensial sesuai dengan kebutuhan kekinian masyarakat.

Disesuaikan juga dengan tema KKN USK kali ini, yakni Melalui KKN Kolaborasi dan KKN Reguler Periode XXI Kita Tingkatkan Pengembangan Potensi Green Economy dan Masyarakat Sehat Bebas Stunting.

Baca juga: Mantan Istri Tuding Oknum Pegawai FK USK Tukang Kawin dan Selingkuh

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved