Putra Ridwan Kamil Kecelakaan

Jasad Eril Ditemukan, KBRI Bern akan Dampingi Pemulangan ke Indonesia

Muliaman menambahkan kronologi penemuan jasad Eril yang telah dilakukan oleh kepolisian Bern hingga proses kepengurusan pelimpahan ke pihak keluarga

Editor: IKL
Instagram.com/@emmerilkahn
Anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang dikabarkan terseret arus di Sungai Aaree, Swiss. 

PROHABA.CO - Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad akan melakukan pendampingan terhadap pemulangan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ke Indonesia.

Hal ini diungkapkannya dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (9/6/2022).

“KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam. Untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air,” ujarnya.

Selain itu, Muliaman juga mengatakan bahwa pihak pengadilan Bern telah memberikan kewenangan bagi perwakilan keluarga Ridwan Kamil yang saat ini masih di Bern.

Muliaman juga menambahkan kronologi penemuan jasad Eril yang telah dilakukan oleh kepolisian Bern hingga proses kepengurusan pelimpahan ke pihak keluarga.

Baca juga: Jenazah Eril Ditemukan setelah 14 Hari Pencarian, Ridwan Kamil: Jasadnya Masih Utuh

Baca juga: Kekasih Eril: Tak Ada Rasa Sakit yang Kamu Tinggalkan, Cuma Ribuan Kenangan Manis Mewarnai

“Pada 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin (8/6/2022) adalah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.”

“Hal ini juga telah disampaikan oleh Polisi Bern melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 waktu Swiss. Selanjutnya sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang memutuskan serah terima jasad ananda Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman juga melakukan konfirmasi bahwa jasad Eril akan dimakamkan sesuai dengan syariat Islam.

“Selanjutnya, selaku keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan haknya sebagai kaum muslim yaitu untuk disucikan, dihantarkan, dikafani, dan disholatkan, serta dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh memungkinkan dan dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya.”

Selain itu, ia menginformasikan, pihak keluarga akan kembali ke Indonesia pada Sabtu (10/6/2022) atau Minggu (11/6/2022).

“Untuk waktu kami belum dapat memastikan akan kembali ke Indonesia, tetapi pada dasarnya kami akan melakukan secepat-cepatnya tergantung kondisi situasi sumber daya yang mendukung.”

“Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad,” ujarnya.

Sebelumnya, jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (23) yang hilang di Sungai Aare, Swiss ditemukan, Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 waktu setempat.

Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde di Bern.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved