Tahukah Anda

Apa Sebab Seseorang Bisa Dengar Suara Orang yang Sudah Meninggal?

Beberapa orang mungkin pernah mengaku “mendengar” suara orang yang sudah meninggal dunia. Kini, para peneliti telah mengidentifi kasi kemungkinan ...

Editor: Muliadi Gani
Photographee.eu/Shutterstock
Skizofrenia adalah gangguan mental yang dapat memengaruhi tingkah laku, emosi, dan komunikasi. 

PROHABA.CO - Beberapa orang mungkin pernah mengaku “mendengar” suara orang yang sudah meninggal dunia.

Kini, para peneliti telah mengidentifi kasi kemungkinan penyebab yang membuat seseorang lebih mungkin mengeklaim bahwadirinya mendengar suara orang meninggal.

Dalam studi yang dipublikasi di Mental Health, Religion and Culture tahun 2021 tim berkata penelitiannya bertujuan untuk lebih memahami mengapa orang-orang tersebut merasa memiliki pengalaman spiritual.

Sedangkan, orang dengan kondisi yang sama merasa lebih tertekan dan pada akhirnya didiagnosis memiliki gangguan kesehatan mental.

Peneliti menyebut, kecenderungan tingkat penyerapan suara yang tinggi, pengalaman pendengaran yang tidak biasa di masa kanak-kanak, serta kerentanan terhadap halusinasi pendengaran lebih kuat pada orang yang mengaku sebagai cenayang atau indigo, dibandingkan populasi umum.

Baca juga: Hampir 1 Miliar Orang di Dunia Alami Gangguan Kesehatan Mental

“Spiritualis cenderung melaporkan pengalaman pendengaran tidak biasa yang positif, dimulai sejak awal kehidupan dan kemudian dapat mereka kendalikan,” ujar psikolog dari Northumbria University di Inggris, Peter Moseley.

“Memahami bagaimana perkembangan ini penting karena dapat membantu kita memahami lebih banyak tentang pengalaman mendengar suara yang buruk atau tidak terkendali,” sambungnya.

Oleh karena itu, Moseley dan rekannya psikolog dari Durham University Adam Powell melibatkan 65 orang yang mengaku bisa “mendengar” suara roh dan 143 orang biasa.

Hal tersebut dilakukan untuk menentukan apa yang membedakan spiritualis dengan populasi umum.

Secara keseluruhan, sebanyak 44,6 persen spiritualis melaporkan mendengar suara setiap hari, dengan 79 persen di antaranya mengatakan pengalaman itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari mereka.

Baca juga: Peneliti Temukan Kura-Kura Raksasa Baru di Galapagos, Spesiesnya Belum Diketahui

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved