Tahukah Anda

WHO Nyatakan Virus Corona Masih Menyebar di Seluruh Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, pandemi Covid-19 belum berakhir lantaran virus masih terus menyebar di seluruh dunia ...

Editor: Muliadi Gani
AP PHOTO/SALVATORE DI NOLFI
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berbicara kepada media mengenai virus corona dan prioritas kesehatan global pada tahun 2022, selama konferensi pers, di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss, Senin, 20 Desember 2021. 

PROHABA.CO - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, pandemi Covid-19 belum berakhir lantaran virus masih terus menyebar di seluruh dunia.

Terlebih, saat ini terjadi lonjakan kasus infeksi Covid-19 di berbagai negara.

Adapun jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan ke WHO meningkat hingga 30 persen dalam dua pekan terakhir, seiring dengan ditemukannya subvarian baru Omicron BA.2.75 dan pelonggaran aturan pengendalian virus.

Oleh karena itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pun memperingatkan bahwa kondisi ini bisa menyebabkan lebih banyak tekanan pada sistem kesehatan maupun tenaga kesehatan.

"Gelombang virus baru menunjukkan lagi bahwa Covid-19 belum berakhir.

Ketika virus mendorong kita, kita harus melawan," ujar Tedros seperti dilansir dari AFP, Selasa (12/7/2022).

Pada sebuah konferensi pers, dia menyampaikan bahwa ketika kasus penularan meningkat, pemerintah harus menerapkan langkah-langkah yang telah dilakukan sebelumnya, termasuk mengenakan masker maupun protokol kesehatan lainnya.

Baca juga: Status Pandemi Covid-19 Belum Diubah WHO Menjadi Endemi

"Subvarian Omicron, seperti BA.4 dan BA.5, terus menyebabkan gelombang kasus, rawat inap, dan kematian di seluruh dunia," ucapnya.

Di samping itu, tingkat pengawasan telah menurun secara signifikan, termasuk pengujian dan pengurutan genom virus, menyebabkan semakin sulitnya untuk menilai dampak varian baru.

Terutama pada penularan, karakteristik penyakit, serta efektivitas tindakan pencegahannya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved