Kebakaran Lahan

Pemadam Aceh Selatan Berjibaku dengan Kebakaran 5 Ribu Meter Lahan di Kluet Tengah

Petugas Damkar BPBD Aceh Selatan kembali berjibaku dengan kebakaran lahan yang terjadi di Gampong Malaka, Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan

Editor: Misran Asri
DOK BPBD Aceh Selatan
Petugas Pos Damkar PB 08 Kluet Tengah, Aceh Selatan, memadamkan api di lokasi kebakaran lahan Desa Malaka, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (17/7/2022) 

Petugas Pemadam Kebakaran Aceh Selatan BPBD Aceh Selatan kembali berjibaku dengan kebakaran lahan yang terjadi di Gampong Malaka, Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, Minggu (17/7/2022) pagi.

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

PROHABA.CO,TAPAKTUAN - Petugas Pemadam Kebakaran Aceh Selatan BPBD Aceh Selatan kembali berjibaku dengan kebakaran lahan yang terjadi di Gampong Malaka, Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, Minggu (17/7/2022) pagi.

Dugaan kebakaran lahan tersebut ada faktor kesengajaan, mulai dari pembukaan lahan, sehingga pemilik kebun harus membakar sampah.

Lalu kondisi kebakaran hutan dan lahan akhir-akhir ini terjadi di Aceh Selatan,cukup membuat lelah petugas pemadam kebakaran dari BPBD Aceh Selatan

Pasalnya, hanya selang beberapa hari lalu, kebakaran lahan kembali terjadi di Aceh Selatan.

Baca juga: Petugas Padamkan Kebakaran Lahan di Peusangan

Pada kebakaran lahan yang terjadi di Desa Malaka, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan itu, mencapai setengah hektare atau 5.000 meter persegi, lahan di desa tersebut dilaporkan terbakar pada Minggu sekitar pukul 10.15 WIB. 

"Alhamdulillah, api telah berhasil dipadamkan secara keseluruhan oleh Petugas Pos Damkar PB 08 Kluet Tengah bersama TNI dan Polri serta dibantu masyarakat," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Selatan, H Zainal A SE MM, Minggu (17/7/2022).

Kalaksa BPBD Aceh Selatan ini menerangkan, kronologis kejadian kebakaran lahan itu yang terjadi pada Minggu sekitar pukul 10.15 WIB itu, berawal dari petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) 08 Kluet Tengah mendapat laporan dari seorang perangkat Desa Malaka.

Laporan dari perangkat desa itu menyebutkan telah terjadi kebakaran lahan masyarakat di Malaka, KLuet Tengah. 

Baca juga: Kebakaran Lahan di Panggoi Bikin Warga Sempat Panik

Mendapat laporan itu petugas Pos Damkar PB 08 Kluet Tengah, langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan terhadap lahan yang terbakar. Petugas ikut mengerahkan satu armada Damkar 08 Kluet Tengah Menggamat.

"Setelah sampai ke lokasi petugas Damkar langsung memadamkan api," pungkas H Zainal.(*)

Baca juga: Balai Pengajian di Blang Krueng Terbakar, 3 Motor & Becak Ikut Ludes, Puluhan Santri Terlantar  

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Aceh Selatan, Kali Ini di Kluet Tengah,


  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved