Kasus

Roy Suryo Syok Jadi Tersangka, Sempat Muntah dan Pingsan

Roy Suryo sebagai tersangka kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden RI Joko Widodo ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: PRADITA UTAMA /DETIK
Roy Suryo telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus postingan meme stupa Candi Borobudur. Hampir 10 jam Roy Suryo diperiksa. 

PROHABA.CO, JAKARTA - Polda Metro Jaya menetapkan mantan menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo sebagai tersangka kasus penistaan agama pada Jumat (22/7/2022).

Roy Suryo sebagai tersangka kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden RI Joko Widodo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, penyidik menyangkakan Roy Suryo dengan pasal penodaan agama atas unggahanmeme stupa tersebut di media social (medos).

“Pasalnya yang dikenakan di Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), Pasal 28 ayat (2), kemudian Pasal 156A KUHP,” ujar Zulpan, di Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Selain itu, lanjut Zulpan, penyidik juga menjerat Roy Suryo dengan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 terkait penyebaran informasi yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat.

Mantan Menpora, Roy Suryo sempat muntah dan pingsan saat diperiksa polisi atas kasus meme stupa Candi Borobudur pada Jumat (22/7/2022) lalu.

Baca juga: Roy Suryo Bungkam usai Ditetapkan Tersangka, Terkulai Lemas dan Harus Dipapah

Roy Suryo bahkan harus dibantu kursi roda usai menjalani pemeriksaan yang berlangsung sekitar 12 jam itu.

Anggota tim kuasa hukum Roy Suryo, Elza Syarief mengatakan, kondisi mantan anggota DPR itu langsung drop meski pemeriksaan baru dimulai.

“Ya, baru awal saja. Kemarin sekitar tujuh sampai delapan pertanyaan ya, masih soal identitas seperti itu aja,” kata Elza saat dihubungi, Sabtu (23/7/2022).

Dari keterangan yang diperoleh Elza dari istri Roy Suryo, mantan politisi Partai Demokrat itu ternyata sulit tidur selama tiga hari.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved