Luar Negeri

Cina Siapkan Operasi Militer ke Taiwan, Respons Kunjungan Ketua DPR AS

Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan perjalanan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan adalah pelanggaran serius terhadap prinsip satu-Cina dan ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO FILE - ANADOLU AGENCY
Tentara China. 

PROHABA.CO, BEIJING - Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan perjalanan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan adalah pelanggaran serius terhadap prinsip satu-Cina dan ketentuan dari tiga komunike bersama Cina-AS.

Dalam tiga komunike bersama Cina-AS, Amerika Serikat bukan hanya mengakui bahwa "hanya ada satu Cina dan Taiwan adalah bagian dari Cina", tetapi juga berjanji bahwa "rakyat AS akan memelihara hubungan budaya, komersial, dan hubungan tidak resmi lainnya dengan rakyat Taiwan".

Bersamaan dengan pernyataan Kemlu China, Kongres Rakyat Nasional Cina, Legislatif Tinggi Cina, Komite Luar Negeri Komite Nasional Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat Cina, dan Kantor Kerja Taiwan dari Komite Sentral Partai Komunis Cina juga mengecam tindakan Pelosi mengunjungi Taiwan.

Baca juga: Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan, Cina Mengancam

Merespons kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan, Kementerian Pertahanan Cina dilaporkan telah menetapkan situasi siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian operasi militer yang ditargetkan sebagai tindakan balasan.

Ketua DPR AS diketahui mendarat di Bandara Internasional Songshan, Taipe pada Selasa (2/8) malam waktu setempat atau sekitar pukul 21.50 WIB.

Diansir dari CGTN, Juru bicara Kementerian Pertahanan Cina Wu Qian pada Selasa menyampaikan bahwa pihaknya dengan tegas akan membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial.

Dia tidak merinci operasi militer seperti apa yang akan ditempuh Cina dan apa targetnya.

Baca juga: Petani Cina Boleh Bayar DP Rumah Pakai Semangka dan Bawang Putih

Baca juga: Cita Citata Tampil Berhijab di Postingan Terbaru, Netizen: Semoga Istiqamah

Juru bicara Komando Teater Timur Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Kolonel Senior Shi Yi, juga mengatakan pada Selasa bahwa Komando Teater PLA akan melakukan serangkaian operasi militer di sekitar pulau Taiwan mulai Selasa malam.

Selama wawancara setelah menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Shanghai sebelumnya pada Selasa, Penasihat Negara Cina dan Menteri Luar Negeri Wang Yi memperingatkan bahwa AS terus-menerus menantang kedaulatan Cina dan dengan sengaja menimbulkan masalah di Selat Taiwan, dan Cina tidak akan pernah menerima pergerakan seperti itu.

"Beberapa politisi AS bermain dengan api pada pertanyaan Taiwan dan tidak akan pernah ada akhir yang baik bagi mereka," kata Wang Yi.

(kompas.com)

Baca juga: 30 Jet Tempur Cina Terobos Zona Pertahanan Udara Taiwan

Baca juga: Nirina Zubir Kiat Supaya Anak Mau Makan Buah

Baca juga: Satu Korban Penumpang Innova Dirujuk ke RS Putri Bidadari Medan, Muntah Darah & Penurunan Kesadaran

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved