Kalah Saing dengan Laptop Lain, Google Hentikan Produksi dan Bubarkan Tim Proyek Pixelbook

Diluncurkan pada 2019, Chromebook dengan branding Pixel ini awalnya dirilis Google untuk memamerkan seberapa efektif sistem operasi Chrome OS

Editor: IKL
Vjeran Pavic / The Verge
Produksi Pixelbook dihentikan setelah laptop ini kehilangan pesonanya dan dinilai kurang populer apabila dibandingkan dengan laptop Chromebook alternatif lainnya yang lebih murah dan canggih. 

PROHABA.CO, CALIFORNIA – Sundar Pichai, CEO Google resmi menghentikan produksi perangkat hybrid laptop - tab Pixelbook serta membubarkan tim yang bertanggung jawab pada proyek tersebut, pada Selasa (12/9/2022).

Hal ini diketahui dari memo internal yang diungkap The Verge, dalam laporan tersebut mencatat penghentian produksi Pixelbook dilakukan Google setelah laptop ini kehilangan pesonanya dan dinilai kurang populer apabila dibandingkan dengan laptop Chromebook alternatif lainnya yang lebih murah dan canggih.


Diluncurkan pada 2019, Chromebook dengan branding Pixel ini awalnya dirilis Google untuk memamerkan seberapa efektif sistem operasi Chrome OS apabila muncul di hardware premium.

Baca juga: Mahfud MD Tak Mau Ambil Pusing soal Data Pribadinya yang Dibocorkan Hacker Bjorka: Itu Bukan Rahasia

Namun, sayangnya produksi Pixelbook gagal menyaingi produk iPad dan MacBook Air besutan Apple, alasan inilah yang membuat Pichai memilih untuk mengalihkan sumber dayanya dari Chromebook premium itu ke divisi lainnya di Google sebagai upaya efisiensi biaya.

“Versi Pixelbook yang lebih kecil dan sedikit lebih murah yang, tidak dapat bersaing dengan pesaing. “Chromebook yang sebanding harganya setidaknya seratus dolar lebih murah untuk fitur serupa, Jadi dengan Pixelbook Go, apa yang Anda bayar?” tulis reporter The Verge 's, Dieter Bohn dalam ulasannya tentang perangkat.

Sebelum mengalami kemunduran, pada masa awal pandemi Chromebook ini sempat mengalami lonjakan permintaan dari para siswa yang harus bersekolah dari rumah.

Bahkan untuk pertama kalinya penjualan Chromebook yang mendukung operasi sistem perangkat ChromeOS ini, mengungguli penjualan Mac Apple beserta Acer Chromebook Spin 713 dan Samsung Galaxy Chromebook 2.


Hingga pendapatan kuartal Chromebook tumbuh 275 persen, terhitung sejak kuartal pertama tahun 2020 hingga periode yang sama pada tahun 2021, mengutip data dari perusahaan analisis IDC dan Canalys.

Baca juga: Perang Sanksi Sebabkan Hubungan Jerman-Rusia Paling Buruk Sejak Perang Dunia II

Akan tetapi saat memasuki tahun kedua tahun 2020 hingga tahun 2022 penjualan Chromebook turun 30 persen, sebagai imbas dari sepinya permintaan pasar perangkat komputer atau PC.

Rencananya setelah Google menghentikan produksi Pixelbook, raksasa alphabet ini akan memfokuskan diri untuk merilis jam tangan pintar Pixel Watch dan tablet Pixel gaya hub Nest yang dapat dilepas dan dilipat lipat yang dikenal sebagai Felix, yang akan diperkenalkan ke publik pada 6 Oktober 2022 mendatang.
 
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kalah Saing dengan Laptop Lain, Google Hentikan Produksi dan Bubarkan Tim Proyek Pixelbook

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved