Pelita Umat

Keutamaan Shalat Sunnah, Ustadz Khalid Basalamah Sebut Lebih Afdhol Dua Rakaat Sekali Salam

Terdapat banyak jenis shalat sunnah yang dapat dikerjakan umat Islam, mulai dari dua rakaat dan seterusnya sesuai aturan dari shalat tersebut.

Editor: IKL
kanal youtube JakartaMengaji
ustadz khalid basalamah 

PROHABA.CO - Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan keutamaan shalat sunah beserta manfaatnya bagi kaum muslim.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, macam-macam shalat sunnah memiliki kemuliaan tersendiri, bagi umat Islam yang mengerjakan akan mendapatkan pahala.

Dalam pelaksanaannya, Ustadz Khalid Basalamah menyebut lebih afdhol dilakukan dua rakaat sekali salam.


Selain shalat fardhu yang hukumnya wajib, ada pula shalat sunnah yang dianjurkan dan dihukumi sunnah.

Terdapat banyak jenis shalat sunnah yang dapat dikerjakan umat Islam, mulai dari dua rakaat dan seterusnya sesuai aturan dari shalat tersebut.

Shalat sunnah tak berbeda dengan shalat fardhu dari segi bacaan dan gerakan, yang membedakan hanya tingkatan dan niatnya.

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan jenis shalat sunnah ada banyak sekali, ada sunnah muakkadah.

"Sunnah muakkadah maksudnya sunnah yang sangat ditekankan di antaranya shalat malam ada Tahajud dan Witir, lalu shalat Dhuha, kemudian 12 rakaat sunnah Rawatib meliputi dua rakaat antara adzan dan iqamah Subuh, empat rakaat sebelum Zhuhur, dua rakaat sesudah Zhuhur, dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat setelah Isya," papar Ustadz Khalid Basalamah dilansir Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Kembali Islam Channel.

Dinukil dari hadist Nabi Muhammad SAW, siapa yang menjaga shalat sunnah Rawatib tersebut sehari semalam Allah akan bangunkan baginya istana di surga.

Selain shalat Rawatib yang 12 rakaat itu, ada lagi shalat sunnah yang mengiringi shalat fardhu, yakni tambahan dari shalat Ba'diyah Ashar menjadi empat rakaat, maka Allah haramkan neraka bagi yang mengerjakannya.

Sementara itu, di hadist lain dianjurkan pula mengerjakan empat rakaat sebelum atau qabliyah Ashar.

"Qabliyah Ashar ada empat rakaat, kata Nabi SAW, semoga Allah merahmati hamba yang rutin menjaga empat rakaat sebelum Ashar," jelasnya.

Ada juga dua rakaat sebelum atau Qabliyah Maghrib dan dua rakaat sebelum atau Qabliyah Isya. Ini sesuai hadist Rasulullah SAW, antara dua adzan dan iqamah selalu ada shalat sunnah dua rakaat.

Dalam menentukan salam idealnya pada shalat sunnah dilakukan dua kali salam, namun jika ingin mengerjakan empat rakaat sekali salam pun dibolehkan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved