Video

Tersangka Kasus Korupsi TPA Lhok Batee Ditahan Kejari Sabang

Kedua tersangka berinisial FS merupakan Sekretaris DPRK Kota Sabang atau selaku pemilik lahan dan AF merupakan Kadis LHK Kota Sabang 2018 s/d 2022.

Penulis: redaksi | Editor: Fadil Mufty

PROHABA.CO -- Tim Jaksa Penyidik Kejaksaan Negeri Sabang melakukan penahanan dua orang tersangka inisial FS dan AF dalam kasus tindak pidana korupsi Pembebasan Lahan Untuk Pengembangan Lahan TPA Lhok Batee, Cot Abeuk, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang Tahun Anggaran 2020 yang telah merugikan kuangan Negara atau daerah sebesar Rp 1.502.935.000.

Kedua tersangka berinisial FS merupakan Sekretaris DPRK Kota Sabang atau selaku pemilik lahan dan AF merupakan Kadis Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Sabang Tahun 2018 s/d 2022.

Kepala Kejaksaan Negeri Sabang, Choirun Parapat SH MH kepada serambinews.com, Selasa (10/1/2023) mengatakan penahanan dilakukan oleh pihaknya usai melakukan serah terima tanggung jawab tersangka dan barang bukti (Tahap II) dalam perkara korupsi atas nama tersangka FS dan AF.

Kajari menyampaikan, setelah dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti tersebut, maka proses perkara dimaksud telah beralih dari penyidikan ke penuntutan, artinya dalam beberapa hari kedepan Tim JPU Kejaksaan Negeri Sabang segera menyusun Surat Dakwaan terhadap masing masing tersangka, dan segera melimpahkannya ke pengadilan Tindak Pidana Korupsi Banda Aceh untuk disidangkan.

Choirun mengatakan, masing-masing terdakwa dikenakan pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 3 Jo. Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana dengan ancaman kurungan penjara selama 20 tahun dan paling lama seumur hidup.

Pihaknya berharap, mendapat dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat agar perkara ini segera tuntas sesuai dengan aturan yang berlaku tentunya demi kebaikan Kota Sabang kedepannya.(Aulia Prasetya)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved