Tahukah Anda

Udara dalam Ruangan Bisakah Jadi Bersih oleh Tanaman Hias?

Banyak orang yang menghiasi ruangan-ruangan di rumahnya dengan tanaman hias indoor untuk menciptakan kesan teduh dan menambah kenyamanan ...

Editor: Muliadi Gani
UNSPLASH/VERONIQUE TRUDEL
Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan. 

PROHABA.CO - Banyak orang yang menghiasi ruangan-ruangan di rumahnya dengan tanaman hias indoor untuk menciptakan kesan teduh dan menambah kenyamanan.

Selain itu, beberapa jenis tanaman dipercaya dapat menyerap racun sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih.

Adapun beberapa jenis tanaman hias indoor yang diyakini dapat membersihkan udara adalah bunga peace lily, lidah mertua, English ivy, spider plants, dan sebagainya.

Benarkah tanaman hias indoor bisa membersihkan udara?

Kualitas udara secara umum dipengaruhi oleh karbon dioksida, karbon monoksida, dinitrogen oksida, serta senyawa organik volatil ( VOC ), yang dapat ditemukan pada beberapa barang atau bahan di dalam rumah kita.

Melalui proses fotosintesis, tumbuhan mengubah karbon dioksida yang kita embuskan dan mengeluarkan gas dari udara melalui proses yang disebut penyerapan.

Baca juga: Anak Nikita Willy Sempat Jetleg & Alergi Udara Kotor Jakarta, Indra Priawan: Baby Issa Batuk-batuk

Dalam laporan NASA tahun 1989, ilmuwan Bill Wolverton mengeklaim bahwa tanaman indoor dapat menjadi solusi ekonomis untuk mengatasi polusi udara dalam ruangan.

Sebelumnya, Wolverton telah mempelajari kemampuan tumbuhan untuk menghilangkan VOC dari lingkungan dan potensinya untuk digunakan dalam misi ruang angkasa.

Namun, penelitian yang lebih baru di jurnal Building and Environment memberi jawaban lebih lanjut tentang kemampuan tanaman dalam membersihkan udara.

Dilansir dari Live Science, para ilmuwan yang mempelajari keefektifan tanaman indoor untuk menghilangkan ozon secara pasif menemukan bahwa tanaman hias memberikan kontribusi paling baik sekitar 0,9–9 persen terhadap penghilangan ozon dalam ruangan.

Penelitian ini melakukan tes di laboratorium untuk menyimulasikan efek pada rumah.

Baca juga: Mengapa Populasi Satwa Liar Dunia Menurun Drastis?

Baca juga: Tepergok Curi Motor, Pria Tanpa Identitas Tewas Diamuk Massa

Hasilnya, peneliti menemukan, tanaman hias hampir tidak memengaruhi lingkungan.

Untuk membuat perbedaan yang signifikan pada kualitas udara di rumah, kita perlu mengisi ruangan dari bawah hingga atas dengan tanaman, kata peneliti.

Dengan demikian, hanya satu spider plant tidak akan bisa membersihkan udara, tetapi dinding yang ditutupi tanaman mungkin saja bisa.

Mengenai jenis tanaman yang dapat membersihkan udara, sayangnya, sains belum memiliki jawabannya.

Sebuah makalah tahun 2018 yang diterbitkan dalam Trends in Plant Science mengatakan, tanaman mungkin bisa menghilangkan polutan, tetapi hanya ada sedikit penelitian tentang jenis mana yang paling efektif.

Makalah ini menyimpulkan bahwa kapasitas tanaman untuk menghilangkan polutan udara dalam ruangan melalui serapan stomata (penyerapan) dan deposisi nonstomata (adsorpsi) sebagian besar masih belum diketahui.

(Kompas.com)

Baca juga: Populasi Dunia Capai 8 Miliar Jiwa, Adakah Risiko Serius di Baliknya?

Baca juga: Garut Tanaman dengan Seribu Manfaat Mulai dari Bahan Bedak Hingga Penawar Racun

Baca juga: Krisis Iklim Makin Mengkhawatirkan, Kenali 6 Penyebab Pemanasan Global

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved