Breaking News:

NASA Bangun Teleskop Super Mahal untuk Singkap Misteri Big Bang

Badan antariksa nasional Amerika Serikat ( NASA) berencana meluncurkan misi untuk menyelidiki misteri Big Bang.Peristiwa terbentuknya alam semesta ..

Editor: Muliadi Gani
FOTO SHUTTERSTOCK/OORKA
MISTERI BIG BANG - Ilustrasi alam semesta tentang pembentukan alam semesta dari teori Big Bang. NASA menyiapkan misi dengan membangun teleskop besar untuk menyelidiki misteri Big Bang. 

PROHABA, Badan antariksa nasional Amerika Serikat ( NASA) berencana meluncurkan misi untuk menyelidiki misteri Big Bang.

Peristiwa terbentuknya alam semesta ini masih menjadi misteri hingga kini dan masih terus mencoba diungkap oleh para ilmuwan.

Teori Big Bang adalah peritiwa ledakan dahsyat yang diyakini menjadi awal mula terbentuknya alam semesta.

Teori tersebut menyebut jika alam semesta awalnya dalam keadaan panas dan padat, yang kemudian meledak dan mengembang.

Kini ilmuwan berusaha untuk mencari bukti mengenai teori big bang ini.

Seperti dikutip dari The Independent, Kamis (14/1/2021), untuk mendukung rencana itu, NASA pun membangun sebuah teleskop luar angkasa baru.

Teleskop tersebut adalah Spectro-Photometer for the History of the Universe, Epoch of Reionization and Ices Explorer (SPHEREx).

Baca juga: Misi Luar Angkasa 2021 Siap Ungkap Misteri Alam Semesta

SPHEREx memiliki tiga tujuan utama, yaitu mencari bukti Big Bang dan memetakan pola galaksi yang dihasilkan yang berasal dari ekspansi, sehingga dapat memberikan lebih banyak informasi kepada fi sikawan mengenai pembentukan alam semesta.

Sementara tujuan kedua adalah mempelajari cahaya redup yang ditinggalkan oleh semua galaksi di alam semesta untuk memahami bagaimana galaksi tersebut terbentuk.

Terakhir, Teleskop SPHEREx akan mencari air es dan molekul organik beku yang dapat membantu para ilmuwan lebih memahami seberapa sering materi penopang kehidupan terbentuk.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved