Breaking News:

Seperenam Makanan di Dunia Masuk Tong Sampah

Analisis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengungkapkan bahwa lebih dari seperenam dari total makanan yang diproduksi secara global ...

Analisis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengungkapkan bahwa lebih dari seperenam dari total makanan yang diproduksi secara global di seluruh dunia, akhirnya terbuang sia-sia dan menjadi sampah. 

PROHABA.CO - Analisis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengungkapkan bahwa lebih dari seperenam dari total makanan yang diproduksi secara global di seluruh dunia, akhirnya terbuang sia-sia dan menjadi sampah.

Seperti dikutip dari New Scientist, Senin (15/3/2021) The United Nations Environment Programme (UNEP) dan UK Charity WRAP, Inggris, yang mempromosikan keberlanjutan, mengamati limbah makanan yang berasal dari gerai ritel, restoran, dan rumah.

Limbah makanan yang diamati tersebut dilakukan dengan meninjau data pemerintah dan studi akademis di 54 negara dengan berbagai pendapatan.

Hasilnya, analisis bersama yang dipublikasikan dalam Food Waste Index Report 2021 itu menemukan bahwa 17 persen dari semua makanan yang diproduksi dibuang oleh konsumen.

Sebagian besar limbah makanan ini atau sekitar 11 persen dari total makanan di dunia, menurut PBB, berasal dari sampah rumah tangga.

Sedangkan secara global, rata-rata orang membuang 121 kg makanan, dengan 74 kg di antaranya berasal dari rumah tangga.

Laporan PBB tersebut juga menyebut jika limbah makanan bukan hanya masalah di negara-negara berpenghasilan tinggi.

Baca juga: Efek Samping Covid, Pasien Meninggal karena Ereksi Lama

Buktinya, rata-rata limbah makanan per kapita tahunan di rumah tangga, di negara penghasilan tinggi mencapai 79 kg.

Sementara itu, di negara berpenghasilan menengah ke bawah, laporan PBB menyebut rata-rata per kapita sampah makanan yang dihasilkan mencapai 91 kg.

Limbah-limbah yang dimaksud mencakup sampah yang dapat dimakan dan tidak dapat dimakan, seperti tulang atau kulit sayuran yang harus dibuang.

Halaman
12
Editor: Muliadi Gani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved