Breaking News:

Kotoran Kelelawar 4.300 Tahun Bantu Ungkap Masa Lalu Bumi

Kotoran kelelawar atau guano berusia 4.300 tahun, ternyata mampu memberikan petunjuk mengenai masa lalu Bumi. Hal tersebut diketahui setelah ...

FOTO: SHUTTERSTOCK
Kawanan kelelawar yang tidur terbalik 

PROHABA, JAMAIKA - Kotoran kelelawar atau guano berusia 4.300 tahun, ternyata mampu memberikan petunjuk mengenai masa lalu Bumi.

Hal tersebut diketahui setelah peneliti melakukan analisis kotoran yang ditemukan di kedalaman gua bernama Home Away from Home di Jamaika.

Seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (14/4/2021) berhubung kotoran kelelawar tersebut sudah menumpuk sejak 4.300 tahun lalu, tingginya bahkan mencapai hingga 2 meter.

Tumpukan kotoran juga bahkan sampai membentuk lapisan sedimen.

Namun, bukan hanya ukurannya saja yang bikin terpana, kotoran itu bagi peneliti juga memberikan wawasan tentang pola makan kelelawar dan kondisi iklim Bumi di masa lalu.

Dengan menganalisis lapisan-lapisan tersebut, para peneliti dapat mengetahui perubahan pola makan kelelawar yang telah mendiami gua tersebut selama ribuan tahun.

Perubahan pola makan dari analisis kotoran kelelawar ini pun dapat memberikan petunjuk mengenai seperti apa iklim Bumi dan lingkungan pada waktu itu.

Di antaranya dengan mempertimbangkan variasi suhu dan curah hujan yang memengaruhi kehidupan hewan, jenis serangga, dan tumbuhan yang tersedia untuk dimakan kelelawar.

Baca juga: Pandemi Covid Kemungkinan Besar Bakal Jadi Endemik

"Kami mempelajari arsip alam dan rekonstruksi sejarah alam dari sedimen tersebut.

Ini adalah pertama kalinya para peneliti menafsirkan makanan kelelawar di masa lalu sesuai pengetahuan kami," kata Jules Blais, ahli limnologi (ahli ekosistem perairan darat) dari Universitas Ottawa di Kanada.

Halaman
123
Berita Populer
Editor: Muliadi Gani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved