Breaking News:

Internasional

Menlu RI Retno Marsudi: Saya Yakin Palestina akan Merdeka, Ajak Negara Non Blok Satukan Suara

Retno Marsudi menyebut peristiwa ini akan terus terjadi apabila dunia internasional tak berikan solusi agar pendudukan Israel atas Palestina berhenti.

Editor: IKL
Dok Humas Kemlu
Menlu RI Retno Marsudi saat menyampaikan pernyataan dalam Debat Umum Sidang Pleno ke-67, Sidang Majelis Umum PBB yang berlangsung di Markas PBB, New York, AS, Kamis (20/5/2020). 

PROHABA.CO - Indonesia sebagai inisiator Pertemuan Lu‚Äčar Biasa Komite Gerakan Non Blok (GNB) berhasil menggelar agenda tersebut secara daring, Selasa (22/6/2021).

Sebagai negara yang memprakarsai, Indonesia menyodorkan sejumlah poin sebagai solusi permasalahan antara Palestina dan Israel.

Retno Marsudi sebagai salah seorang yang paling vokal di forum tersebut menyebut kekerasan dari Israel sudah terjadi berulang kali.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia ini mengatakan, peristiwa ini akan terus terjadi apabila dunia internasional tak berikan solusi agar pendudukan Israel atas Palestina berhenti. 

Retno menyebut ada 3 solusi yang bisa diambil negara-negara GNB untuk menghentikan konflik tersebut.

Baca juga: Dosis Vaksin Segera Kedaluwarsa, Palestina Batalkan Pertukaran Vaksin Pfizer dengan Israel

Pertama, GNB harus mendukung secara penuh proses negosiasi multilateral yang kredibel. Retno menilai itu adalah satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya kembali kekerasan-kekerasan Israel.

"Dukungan GNB terhadap pelaksanaan kembali negosiasi damai sangat penting.

Melalui platform multilateral yang ada dan didasarkan pada penyelesaian dua negara (two state solution) dan sejalan dengan parameter yang telah disepakati secara internasional," ungkap Menlu.

Poin kedua, GNB juga perlu mendukung status Palestina sebagai negara yang berdaulat. Jumlah negara GNB yang besar bisa menjadi kekuatan penting untuk memberikan dukungan kepada Palestina.

"GNB harus satu suara dalam mendukung status Palestina sebagai negara dan perjuangan warga Palestina mencapai kemerdekaan," ungkap Menlu Retno sambil menekankan bahwa suara bulat GNB akan diperhitungkan oleh dunia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved