Breaking News:

Tiga Napi Penyelundup Sabu ke LP Langsa Dihukum Tambahan 10 Tahun

Narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Langsa, M Joni AR, Agus Salim alias Misee, dan Syahril alias Wak Ril, dijatuhi pidana ...

Editor: Muliadi Gani
PROHABA/ZUBIR
Kepala BNN Kota Langsa, AKBP H Basri SH MH, bersama Kelapas IIB Langsa, Heri, A. Md.IP, SH, MH, Kasat Resnarkoba Polres Langsa, Iptu Imam Azis SIK, memperlihatkan BB sabu dan para tersangka pada konfrensi pers di Kantor BNNK Langsa pada 16 Jan 2021. 

PROHABA, LANGSA - Narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Langsa, M Joni AR, Agus Salim alias Misee, dan Syahril alias Wak Ril, dijatuhi pidana penjara selama sepuluh tahun dan pidana denda Rp 1.500.000.000.

Dengan ketentuan, apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana penjara selama tiga bulan.

Sebelumnya, sisa hukuman pidana penjara Joni tinggal enam tahun, Agus Salim enam tahun, dan Syahril setahun.

Hukuman tambahan bagi ketiga napi ini ditetapkan berdasarkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Langsa Nomor 79/Pid.Sus/2021/PN Lgs tanggal 10 Juni 2021 untuk terdakwa M Joni AR,

Nomor 80/Pid.Sus/2021/PN Lgs untuk terdakwa Agus Salim alias Misee, dan Nomor 80/Pid.Sus/2021/PN Lgs untuk Syahril alias Wak Ril.

Mereka dinyatakan terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan dalam kasus penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam LP Kelas IIB Langsa.

Informasi tersebut disampaikan Humas LP Kelas IIB Langsa, Mahrizal, melalui press release yang dikirimkan kepada Prohaba, Selasa (29/6/2021) malam.

Menurut Humas LP Kelas IIB Langsa ini, M Joni AR, Agus Salim alias Misee, dan Syahril alias Wak Ril, merupakan napi LP Kelas IIB Langsa yang telah meminta Mardiana, mantan istri Joni, untuk mengantarkan nasi dan dinamo mesin jahit yang di dalamnya ternyata diselipkan sabu-sabu pada 15 Januari 2021 lalu.

Baca juga: Baru Setahun Mendekam di LP,Napi Pasok Sabu Rp 45 Juta

Namun, upaya penyelundupan barang terlarang itu berhasil digagalkan oleh petugas Penjagaan Pintu Utama (P2U) LP Kelas IIB Langsa.

Kemudian, ketiga napi tersebut bersama barang bukti diserahkan ke BNN Kota Langsa untuk pengembangan lebih lanjut.

Terhadap napi  M Joni AR, Agus Salim, dan Syahril, di samping penambahan pidana baru sesuai dengan putusan PN Langsa tersebut, juga akan diberikan tambahan sanksi sesuai Permenkumham Nomor 06 Tahun  2013 berupa tidak diberikan remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga (CMK), pembebasan bersyarat (PB), dan cuti menjelang bebas (CMB).

Kepala LP Kelas IIB Langsa, Heri MH, menegaskan, kepada seluruh narapidana dan masyarakat jangan coba-coba untuk memasukkan (memasok) narkotika jenis apa pun ke dalam LP.

"Jika terbukti memasukkan narkotika jenis apa pun ke dalam LP Kelas IIB Langsa, maka akan kami tindak tegas tanpa pandang bulu," tegasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menitipkan barang tanpa tahu persis apa yang terselip di dalam barang titipan tersebut, seperti yang dialami oleh Mardiana.

"Saya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada aparat penegak hukum atas kerja sama dan sinergitas dalam memberikan efek jera kepada napi dan masyarakat untuk tidak melakukan perbuatan yang melawan hukum," tukasnya. (zb)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved