Breaking News:

Cina Miliki Pesawat Tempur Raksasa

Militer Cina semakin ambisius memperkuat kendaraan perang berukuran raksasa. Untuk Angkatan Udara misalnya, Cina telah mempunyai pesawat tempur ...

Editor: Muliadi Gani
AFP PHOTO
ILUSTRASI pesawat tempur China. 

PROHABA.CO - Militer Cina semakin ambisius memperkuat kendaraan perang berukuran raksasa.

Untuk Angkatan Udara misalnya, Cina telah mempunyai pesawat tempur raksasa bernama Y20.

Pesawat itu mulai dikembangkan pada pertengahan 2000 dan memulai penerbangan pertama pada 2013 serta mulai beroperasi 2016.

Jumlah pesawat ini belum dapat dipastikan, namun diduga kurang dari 20 unit.

Pesawat ini punya ukuran panjang sekitar kira-kira memiliki panjang 45,7 meter dan tinggi 15,2 meter, lebar dengan sayap 48,7 meter, dan jangkauan sejauh 5.000 mil.

Pesawat raksasa itu diberi kode 'Kunpeng', nama burung dalam mitologi Cina yang terbang ribuan mil, tetapi juga disebut 'Gadis Gemuk' karena badan pesawatnya yang besar.

Mengutip Bussiness Insider, Y-20 dimaksudkan untuk mendukung komando dan kontrol udara, logistik dan airdrops, pengisian bahan bakar udara, pengintaian strategis, serta bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, menurut laporan terbaru Pentagon tentang militer Cina.

Baca juga: Mengenal Black Box, Perangkat Perekam Kunci Informasi Penyebab Jatuhnya Pesawat

Sejumlah misi juga pernah diselesaikan Y-20. Salah satunya terbang di Cina barat, dekat perbatasan yang disengketakan dengan India untuk menguji bagaimana mereka menangani lingkungan pegunungan yang dingin dan ketinggian, dan di lingkungan maritim Laut Cina Selatan.

Meski begitu, pada akhir Mei 2021, Malaysia sempat mengeluhkan pelanggaran wilayah udara di atas Laut Cina Selatan oleh sekelompok Il-76 dan Y-20 Cina.

Seperti pesawat Cina lainnya, mesin merupakan kekurangan Y-20. Cina mengklaim Y-20 sedang diuji dengan mesin baru yang dirancang di dalam negeri sehingga memberikan lebih banyak daya angkat dan jangkauan lebih jauh, dan memungkinkannya membawa muatan hingga 150.000 pon.

Selain pesawat, Cina juga punya kapal raksasa untuk menjaga perairan mereka bernama Type 003.(CNN Indonesia)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved