Breaking News:

Potensi Obat Covid-19 Ternyata Ditemukan pada Obat Cacing Pita

Studi baru yang dipublikasikan secara daring di jurnal ACS Infectious Disease menemukan potensi obat Covid-19 di antara obat cacing pita...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
POTENSI obat Covid-19 ditemukan justru pada senyawa obat cacing pita. Senyawa salisinilida No. 11 yang dimodifikasi di laboratorium memiliki sifat antivirus yang bisa menghambat replikasi virus corona SARS-CoV-2 di dalam sel yang terinfeksi. 

PROHABA.CO - Studi baru yang dipublikasikan secara daring di jurnal ACS Infectious Disease menemukan potensi obat Covid-19 di antara obat cacing pita.

Menurut para peneliti dalam jurnal tersebut, sekelompok obat lama yang diresepkan untuk mengobati cacing pita menunjukkan efektivitas dua arah dalam melawan Covid-19 dalam studi laboratorium.

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (9/8/2021), senyawa yang merupakan bagian dari molekul salicylanilides atau salisilanilida, dirancang di laboratorium Profesor Kim Janda PhD, Ely R. Callaway, Jr.

Profesor Kimia dan Direktur Worm Institute for Research and Medicine di Scripps Research, La Jolla, California.

“Telah diketahui selama 10 atau 15 tahun bahwa salisilanilida bekerja melawan virus tertentu.

Namun, molekul ini cenderung terbatas pada usus dan dapat memiliki masalah toksisitas,” kata Janda.

Senyawa yang diteliti oleh Janda ini dapat mengatasi kedua masalah tersebut, dalam tes terhadap tikus dan sel, bertindak sebagai senyawa antivirus dan antiinfl amasi seperti obat dengan sifat baik untuk digunakan dalam bentuk pil.

Salisilanilida, senyawa pada obat cacing pita yang memiliki potensi sebagai obat Covid-19 ini, pertama kali ditemukan di Jerman pada tahun 1950-an, dan digunakan untuk mengatasi infeksi cacing pada sapi.

Baca juga: Ditemukan, Alat Tes Covid  Hanya Menggunakan Sampel Air Liur

Versi lain termasuk obat niclosamide yang digunakan pada hewan dan manusia saat ini, untuk mengobati infeksi cacing pita.

Senyawa ini juga telah dipelajari untuk sifat antikanker dan antimikroba.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved