Ada Tanda Kehidupan di Kelas Planet yang Baru Ditemukan

Perburuan exoplanet atau planet ekstrasurya di luar Tata Surya yang menyimpan kehidupan seperti Bumi, masih terus dilakukan...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
PLANET seukuran Bumi, exoplanet yang belum lama ini ditemukan. Planet mirip Bumi ini berada di luar Tata Surya dan memiliki tanda-tanda kehidupan. 

PROHABA.CO - Perburuan exoplanet atau planet ekstrasurya di luar Tata Surya yang menyimpan kehidupan seperti Bumi, masih terus dilakukan.

Kali ini, ditemukan kelas planet baru yang memiliki tanda kehidupan.

Para astronom di University of Cambridge telah menemukan exoplanet yang sangat berbeda dengan planet Bumi yang kita tempati.

Akan tetapi, planet tersebut disebut dapat mendukung kehidupan mikroba atau bahkan manusia.

Selama ini, dalam mencari potensi kehidupan di luar Bumi, para astronom kebanyakan mencari dan mengidentifi - kasi planet berdasarkan ukuran, massa, suhu, dan komposisi atmosfer yang mirip dengan Bumi.

Namun, metode studi yang berbeda mulai diperkenalkan para peneliti planet ekstrasurya di University of Cambridge yang diklaim akan memberikan pengetahuan yang lebih menjanjikan tentang pencarian kehidupan di luar Bumi.

Dilansir dari Science Daily, Senin (30/8/2021), para peneliti telah mengidentifi kasi kelas baru planet layak huni, yang dijuluki sebagai planet Hycean.

Planet Hycean adalah planet panas yang tertutup lautan dengan atmosfer yang kaya akan hidrogen.

Baca juga: NASA Temukan Planet Mirip Bumi dengan Atmosfer Aneh

Kelas planet baru yang ditemukan ini jumlahnya lebih banyak dan lebih mudah diamati dibandingkan planet mirip Bumi.

Studi yang dilakukan para astronom University of Cambridge ini telah dipulikasikan di jurnal The Astrophysical Journal.

Para peneliti mengatakan bahwa hasilnya, dapat berarti bahwa penemuan biosignatures kehidupan di luar Tata Surya ini, dalam dicapai pada dua atau tiga tahun ke depan.

“Planet Hycean membuka jalan baru dalam pencarian kami untuk kehidupan di tempat lain,” kata Dr Nikku Madhusudhan dari Institut Astronomi Cambridge yang memimpin penelitian itu.

Kendati demikian, ada banyak kandidat planet ekstrasurya di kelas planet Hycean utama yang diidentifi - kasi oleh para peneliti, yang mana planet-planet tersebut berukuran lebih besar dan lebih panas dari Bumi.

Akan tetapi, planet-planet yang telah diidentifi kasi sebagai kelas planet baru tersebut memiliki karakteristik untuk menampung lautan yang sangat luas yang dapat mendukung kehidupan mikroba serupa yang biasa ditemukan di beberapa lingkungan perairan paling ekstrem di Bumi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved