Breaking News:

NASA Temukan Planet Mirip Bumi dengan Atmosfer Aneh

PLANET yang mirip Bumi, tapi atmosfernya aneh, ditemukan para peneliti di Jet Propulsion Laboratory NASA dan University of New Mexico, Amerika ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: SHUTTERSTOCK
ilustrasi - Planet Mirip Bumi 

PROHABA.CO - PLANET yang mirip Bumi, tapi atmosfernya aneh, ditemukan para peneliti di Jet Propulsion Laboratory NASA dan University of New Mexico, Amerika Serikat.

Planet tersebut membuat para ilmuwan bersemangat untuk memburu kehidupan di luar Bumi.

Para peneliti mengidentifikasi eksoplanet tersebut sebagai TOI-1231b yang mengorbit bintang katai M atau yang dikenal sebagai katai merah.

Dilansir dari The Independent, Sabtu (12/6/2021), para ilmuwan mampu mengarakterisasi bintang itu, dan mengukur jari-jari, serta massa dari exoplanet TOI- 1231 b.

Selanjutnya, informasi ini memberi mereka data yang diperlukan untuk menghitung kepadatan dan berhipotesis dari apa atmosfer terbuat.

Planet mirip Bumi ini berukuran sub-Neptunus yang memiliki iklim sedang dengan orbit 24 hari, delapan kali lebih dekat kebintangnya daripada Bumi ke matahari.

Akan tetapi, suhu planet ini, menurut peneliti NASA, mirip dengan Bumi.

Sebab, bintang katai merah itu sendiri tidak cukup kuat.

Baca juga: NASA Berhasil Mengekstraksi Udara di Mars Jadi Oksigen

Atmosfer planet tersebut sekitar 140 derajat Fahrenheit, menjadikan TOI- 1231b sebagai salah satu eksoplanet kecil paling dingin yang dapat diakses untuk studi atmosfer yang pernah ditemukan.

Ada kemungkinan bahwa ada awan tinggi yang berada lebih tinggi di atmosfer dan mungkin bukti adanya air.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved