Breaking News:

Polisi Ciduk 10 Pelaku Penipuan Catut Nama Baim Wong

Subdit 3 Resmob Polda Metro Jaya mengungkap sindikat penipuan lewat pesan singkat atau SMS dengan mencatut nama publik fi gur Baim Wong dan Paula ...

Editor: Muliadi Gani
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Ilustrasi 

PROHABA.CO, JAKARTA - Subdit 3 Resmob Polda Metro Jaya mengungkap sindikat penipuan lewat pesan singkat atau SMS dengan mencatut nama publik fi gur Baim Wong dan Paula Verhoeven.

Kesepuluh pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka berinisial J, DA, E, AAR, MR, A, RT, T, BU, dan H diciduk di wilayah Sulawesi Selatan.

Dalam menjalankan aksinya para tersangka melakukan SMS blast ke ratusan bahkan ribuan nomor secara acak.

Dalam pesan singkatnya, disampaikan bahwa korban mendapatkan hadiah uang tunai.

“Baim Paula resmi menyampaikan anda terpilih mng 50 juta code id 27won67, silahkan chat whatsapp 082251187869,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, saat konferensi pers, Selasa (7/9/2021).

Lanjut Yusri, dalam pesan singkat itu juga disertakan tautan dan mengarahkan korban untuk mengirimkan sejumlah uang untuk mencairkan hadiah tersebut.

Setelah korban masuk perangkap, korban diminta untuk menyetorkan sejumlah uang untuk beberapa syarat mengambil hadiah.

Mulai dari uang administrasi, uang pajak, uang iklan televisi dan lainnya.

“Kalau sudah masuk perangkap pelaku kemudian dia atur mulai dari perlihatkan bukti struk palsu bahwa anda dapat hadiah Rp 50 juta, tetapi cairkan uang Rp 50 juta ada langkah-langkah yang harus diikuti korban, contoh minta ditransfer,” jelas Yusri.

Baca juga: Awas Penipuan, Link Berikut Ini Bukan Link Subsidi Bantuan 3,5 Juta dari Jamsostek

Dari keterangan awal, para tersangka mengaku sudah lama menjalankan aksinya dan meraup paling sedikit Rp 400 ribu hingga Rp 10 juta per harinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved