Breaking News:

Vaksin Booster

Vaksin Booster Direncanakan 2022 Ada yang Dapat Gratis

"Ini masih rencana, karena semuanya tentu tergantung ya banyak hal yang mungkin akan dipikirkan untuk memutuskan hal ini,"

Editor: IKL
Tribunnews/Jeprima
Tampak pada gambar vaksin Covid-19 Moderna yang akan menjadi dosis ketiga atau vaksin booster dan jarum suntik bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8/2021). Pemerintah terus menggodok aturan pemberian vaksin booster terhadap masyarakat umum mulai tahun depan atau 2022. 

PROHABA.CO, JAKARTA -- Pemerintah terus menggodok aturan pemberian vaksin booster terhadap masyarakat umum mulai tahun depan atau 2022.

Rencananya akan ada dua skema pemberian vaksinasi booster yakni gratis dan berbayar.

Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kemenkes, dr Prima Yosephine mengatakan, booster akan diberikan secara gratis kepada masyarakat dengan golongan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Sementara, masyarakat di luar golongan ini akan menjadi vaksin mandiri.
"Ini masih rencana, karena semuanya tentu tergantung ya banyak hal yang mungkin akan dipikirkan untuk memutuskan hal ini," kata dr. Prima dalan dialog virtual Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Sekolah Tatap Muka, Pelajar Tak Perlu Syarat Vaksin, yang Wajib Vaksin Guru dan Tenaga Pendidik

Baca juga: Vaksin Penuh Terbukti Dapat Kurangi Gejala Long Covid-19

Ia menegaskan, pemerintah saat ini masih fokus menyelesaikan target vaksin 70 persen atau lebih masyarakat Indonesia telah menerima vaksinasi dosis lengkap.

"Kita lebih fokus dulu sekarang untuk bagaimana menyelesaikan dosis 1 dan 2 ini. Jadi, jangan sampai saat kita memikirkan booster, kita meninggalkan orang-orang yang belum dapat, itu kan jauh lebih penting," ungkapnya.
Lebih jauh dr Prima memaparkan, pemberian booster kepada masyarakat umum juga memerlukan kajian lebih lanjut untuk menentukan kriteria orang-orang yang membutuhkan booster.

Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 booster dari Moderna kepada tenaga kesehatan Siloam Hospitals di kawasan Tangerang, Banten, Rabu (11/8/2021). Tenaga kesehatan Siloam Hospitals menerima dosis ketiga vaksin Covid-19 karena mereka adalah garda terdepan penanganan pandemi Covid-19 sehingga dapat memperkuat antibodi atau sebagai booster. Vaksinasi booster atau dosis ketiga dari Moderna untuk para tenaga kesehatan Siloam Hospitals itu sudah dilaksanakan sejak Selasa (10/8/2021)
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 booster dari Moderna kepada tenaga kesehatan Siloam Hospitals di kawasan Tangerang, Banten, Rabu (11/8/2021). Tenaga kesehatan Siloam Hospitals menerima dosis ketiga vaksin Covid-19 karena mereka adalah garda terdepan penanganan pandemi Covid-19 sehingga dapat memperkuat antibodi atau sebagai booster. Vaksinasi booster atau dosis ketiga dari Moderna untuk para tenaga kesehatan Siloam Hospitals itu sudah dilaksanakan sejak Selasa (10/8/2021) (Tribunnews/Jeprima)

"Tentu dari studi. Kemarin studi kita di golongan SDM kesehatan yang sudah menunjukkan memang imunitasnya di sekitar bulan keenam sudah menurun. Karena waktu yang lalu kita kasusnya sempat naik sangat tinggi, yang mengakibatkan SDM kesehatan kita ini jadi sangat berisiko," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Vaksin Booster Direncanakan 2022, Ada yang Dapat Gratis, Juga Ada Pilihan Berbayar, https://www.tribunnews.com/corona/2021/09/30/vaksin-booster-direncanakan-2022-ada-yang-dapat-gratis-juga-ada-pilihan-berbayar

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved