Breaking News:

Sebelum Punah, Manusia Purba Bersembunyi di Ruang Rahasia

Peneliti memperkirakan sebelum punah, manusia purba Neanderthal tinggal di sebuah ruang rahasia di Gua Vanguard, salah satu gua di Kompleks Gua ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: GIBRALTAR NATIONAL MUSEUM via LIVE SCIENCE
Ruang gua tersembunyi yang tertutup pasir di Gibraltar kemungkinan digunakan oleh manusia purba Neanderthal sebelum mereka dinyatakan punah. 

PROHABA.CO - Peneliti memperkirakan sebelum punah, manusia purba Neanderthal tinggal di sebuah ruang rahasia di Gua Vanguard, salah satu gua di Kompleks Gua Gorham, yang berada di Gibraltar.

Kesimpulan ini berdasarkan dari temuan sebuah ruang gua tersembunyi yang tertutup oleh pasir selama sekitar 40.000 tahun.

"Mengingat pasir yang menyegel ruangan itu berusia 40.000 tahun, jadi ruangan tersebut bisa lebih tua.

Pada kurun waktu itu, kemungkinan besar gua Neanderthallah yang menggunakan gua tersebut," kata Clive Finlayson, Direktur Museum Nasional Gibraltar, seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (2/10/2021).

Saat sedang mempelajari Gua Vanguard, tim peneliti menemukan ruang tersembunyi.

Setelah memanjat melaluinya, mereka menemukan bahwa panjangnya 13 meter dengan stalaktit menggantung seperti es di langit-langit ruang itu.

Di sepanjang permukaan ruang rahasia di gua ini, para peneliti menemukan sisa-sisa lynx, hyena, dan burung nasar griffon, serta whelk besar atau sejenis siput laut yang kemungkinan dibawa ke dalam ruang itu oleh manusia purba Neanderthal.

Baca juga: Tim Ekspedisi ‘Sumur Neraka’ Temukan Ular dan Mutiara Gua

Dari temuan ini pun para ilmuwan pun berspekulasi bahwa sistem gua ini mungkin merupakan salah satu tempat terakhir Neanderthal hidup sebelum mereka punah sekitar 40.000 tahun yang lalu.

Sementara itu, para peneliti telah menemukan banyak bukti kehadiran Neanderthal dalam sistem gua yang disebut Kompleks Gua Gorham itu, termasuk ukiran yang mungkin merupakan karya seni Neanderthal awal.

Selain itu, temuan dimaksud menunjukkan bahwa pada sistem gua tersebut kerabat terdekat kita yang telah punah juga membantai anjing laut, mencabuti bulu burung pemangsa untuk dipakai sebagai ornamen, dan alat bekas.

Mengutip Gizmodo, Kompleks Gua Gorham dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2016.

Kompleks gua itu terdiri atas Gua Vanguard, Gua Hyaena, dan Gua Bennett. Peneliti di Museum Nasional Gibraltar kemudian meluncurkan sebuah proyek pada tahun 2012 untuk mengumpulkan pengukuran gua yang lebih baik untuk mencari lorong-lorong dan ruang-ruang yang tak diketahui.

Penelitian sisa-sisa arkeologi yang ditinggalkan manusia purba Neanderthal di ruang Gua Vanguard masih akan terus berlanjut. (kompas.com)

Baca juga: Gua Terpanjang di Dunia Bertambah 13 Kilometer

Berita Populer
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved