Virus Corona

Anggota DPR: Seharusnya Sejak Awal Pandemi, Menko PMK Tangani Covid-19

Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay mendukung ditunjuknya Menko PMK Muhadjir Effendy oleh Presiden Jokowi.

Editor: IKL
Jaka/Man (dpr.go.id)
Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. 

PROHABA.CO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy untuk menjadi pemimpin penanggulangan Covid-19 agar Natal dan Tahun baru tidak terjadi lonjakan kasus.

Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay mendukung ditunjuknya Menko PMK Muhadjir Effendy oleh Presiden Jokowi.

"Mendukung kepada pak Menko PMK memimpin seluruh leading sector bidang kesehatan dan kesejahteraan rakyat. Menjadi panglima dalam rangka penanggulangan penularan Covid-19," kata Saleh saat dihubungi Tribun, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Aturan Baru, Bepergian Jarak 250 Km Wajib PCR atau Antigen 

Baca juga: Angka Kasus Covid-19, CDC Kategorikan Indonesia Kini Zona Hijau

Namun kata Saleh, seharusnya Menko PMK Muhadjir Effendy memimpin penanggulangan covid-19 sejak awal pandemi covid-19.

Sebab kata dia banyak kementerian-kementerian terkait kesehatan, urusan sosial dan kesejahteraan rakyat berada di bawah koordinasi Menko PMK.

"Sebetulnya tugas ini harusnya sejak dari awal (pandemi). Karena banyak kementerian-kementerian terkait urusan kesehatan, kesejahteraan sosial, BNPB berada di bawah koordinasi Menko PMK," kata Saleh.

Ia pun berharap Menko PMK, Muhadjir Effendy bisa menunjukkan kinerja yang baik dalam menangani covid-19 khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Agar ke depannya bisa dilanjutkan lagi jadi bisa bagus," kata Saleh.

Memang, lanjut Politikus PAN ini sebelum penunjukan Menko PMK ada penugasan dari Presiden Jokowi kepada Menko Marves dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk menangani covid-19.

Akan tetapi secara tugas dan wewenang Luhut memang semestinya menangani urusan covid-19 di bidang investasi dan ekonomi.

"Secara pembagian tugas dan wewenang pak Luhut memang bisa ikut menangani covid-19 tetapi untuk bidang investasi, sektor ekonomi makro dan mikro," kata Saleh.

Sebetulnya Saleh bilang dalam penanganan covid-19 ini ada beberapa kementerian yang ditunjuk bertugas.

Tetapi, belum ada pembagian yang jelas, mana pihak yang khusus menangani bidang kesehatan, sosial dan kesejahteraan rakyat, mana yang mesti bertugas untuk urusan ekonomi dan investasi.

"Sebetulnya kan sudah dibagi dua (penugasan). Ada penanganan covid bidang kesehatan dan satu lagi PEN. Nah pak Luhut ini seharusnya di PEN bersama pak Airlangga. Ini hanya urusan pembagian job description saja sebenarnya," kata Saleh.(Willy Widianto)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Anggota DPR: Seharusnya Sejak Awal Pandemi Menko PMK Tangani Covid-19

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved