Breaking News:

Tahukah Anda

Pesawat Luar Angkasa NASA Berhasil Menyentuh Matahari

Pesawat luar angkasa Parker Solar Probe milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirnya berhasil menyentuh matahari ...

Editor: Muliadi Gani
FOTO: JOY NG/NASA's GODDARD SPACE FLIGHT CENTER
Pesawat luar angkasa Parker Solar Probe milik NASA yang digunakan untuk meneliti matahari dalam jarak dekat. 

PROHABA.CO - Pesawat luar angkasa Parker Solar Probe milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirnya berhasil menyentuh matahari.

Para peneliti menyebutkan bahwa ini adalah pertama kalinya pesawat ruang angkasa "menyentuh" atmosfer bagian atas matahari atau korona matahari untuk mengambil sampel partikel dan medan magnetnya.

"Parker Solar Probe 'menyentuh matahari' adalah momen yang sangat berarti bagi ilmu surya dan prestasi yang benar-benar luar biasa," ujar administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA, Thomas Zurbuchen, seperti dilansir dari CNN, Selasa (14/12/2021).

Menurutnya, catatan sejarah ini tidak hanya memberikan pengetahuan yang lebih dalam tentang evolusi matahari dan dampaknya terhadap Tata Surya, tetapi semua yang dipelajari tentang bintang kita sendiri juga mengajarkan lebih banyak tentang bintang-bintang di alam semesta lainnya.

Keberhasilan Parker Solar Probe disebutkan peneliti sebenarnya sudah terjadi pada April lalu, tetapi mereka baru mengumumkannya pada 14 Desember 2021 pada acara American Geophysical Union Fall Meeting 2021 di New Orleans.

Menurut studi yang dipublikasikan di Physical Review Letters ini, Parker Solar Probe telah diluncurkan pada 2018 dan semakin dekat dengan matahari.

Baca juga: Tim Luar Angkasa Temukan Rumah Misteri di Bulan

Pesawat luar angkasa tersebut berhasil mencapai korona matahari, di mana suhunya bisa mencapai satu juta derajat Celsius atau bahkan lebih tinggi.

Tak hanya itu, Parker Solar Probe mengungkapkan penemuan baru mengenai matahari, termasuk penemuan struktur zig-zag magnetik dalam angin matahari yang disebut switchbacks di tahun 2019 lalu.

Sekarang, berkat pendekatan dekat terbaru Parker ke matahari, pesawat luar angkasa ini membantu para ilmuwan menentukan bahwa peralihan ini berasal dari permukaan matahari.

Para peneliti mengatakan sebelum misinya selesai, Parker Solar Probe akan melakukan 21 pendekatan di sekitar matahari selama tujuh tahun.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved