Virus Corona

Para Ilmuan Mengawasi Dua Sub-Varian Baru Omicron Yang Dilacak di Polandia

Para ilmuwan saat ini mengawasi sub-varian virus corona (Covid-19) Omicron BA.1 dan BA.2 di tengah lonjakan kasus infeksi semacam itu di seluruh dunia

Editor: IKL
AFP/JUSTIN TALLIS
LONDON - Foto Ilustrasi ini diambil di London pada 02 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar yang menampilkan kata 'Omicron', nama varian baru covid 19. - Omicron telah menjadi jenis virus corona utama di Prancis di mana jumlah infeksi telah mengalami peningkatan besar dalam beberapa hari terakhir, kata badan kesehatan masyarakat negara itu. "62,4 persen tes menunjukkan profil yang kompatibel dengan varian Omicron" pada awal minggu ini, dibandingkan dengan 15 persen pada minggu sebelumnya, kata agensi tersebut. 

PROHABA.CO, WARSAWA - Para ilmuwan saat ini mengawasi sub-varian virus corona (Covid-19) Omicron BA.1 dan BA.2 di tengah lonjakan kasus infeksi semacam itu di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (15/2/2022), Wakil Menteri Kesehatan Polandia Waldemar Kraska telah mengumumkan bahwa saat ini ada 'dua sub-varian baru' dari varian Omicron yang ditemukan di Polandia.

Namun masih belum jelas bagaimana perkembangannya dalam waktu dekat ini.

Ia juga berpendapat bahwa Covid-19 akan tetap bersama manusia dalam waktu yang lama dan tidak akan meninggalkan kehidupan sehari-hari masyarakat secara begitu mudah.

"Sulit untuk menilai apa yang akan terjadi pada musim gugur dan apakah mutasi baru Covid-19 akan muncul pada saat itu," kata Kraska.

Menurutnya, Omicron saat ini merupakan varian yang mendominasi kasus Covid-19 di Polandia, dengan menyumbang 96 persen dari kasus yang dikonfirmasi.

Pernyataan itu muncul setelah seorang Ahli Epidemiologi Penyakit Menular dan Pimpinan Teknis Covid-19 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Maria Van Kerkhove mengatakan pada pekan lalu bahwa apa yang disebut sub-varian BA.2 dari Omicron 'lebih menular dibandingkan BA.1'.

Baca juga: Mengapa Vaksin Disuntikkan ke Lengan?

Itulah sebabnya WHO 'memprediksi penularan BA.2 akan meningkat di seluruh dunia'.

Strain BA.2 telah terdeteksi pada setidaknya 47 negara, dengan peningkatan kasus terjadi di negara-negara seperti India, Inggris, Prancis, Denmark dan Swedia.

Di Inggris, BA.2 telah digambarkan sebagai 'varian yang sedang diselidiki' oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA).

Sementara di Denmark, Kementerian Kesehatan negara itu telah melaporkan lebih dari 50.000 kasus serupa selama beberapa minggu terakhir.

Lalu Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran, pada gilirannya menegaskan bahwa strain BA.2 tidak terlihat seperti 'game changer'.

BA.2 kali pertama diidentifikasi di Filipina pada pertengahan Desember 2021.

Sama seperti BA.1, BA.2 diperkirakan memiliki lebih dari 32 mutasi, dengan sekitar setengahnya menjadi bagian dari protein lonjakan yang berinteraksi dengan sel manusia dan merupakan kunci proses virus corona masuk ke dalam tubuh. (*)

 


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com, https://www.tribunnews.com/corona/2022/02/16/dua-sub-varian-baru-omicron-dilacak-di-polandia

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved