Breaking News:

KKB Tembaki Truk Perusahaan di Puncak Papua, 1 Pekerja Luka

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan menembak Praka Fermansyah, prajurit TNI dari satgas Lanud Kopasgat, Sabtu (19/2) pagi ...

Editor: Muliadi Gani
Dok Pendam XVII Cenderawasih
Drone milik TNI berhasil merekam pergerakan anggota KKB yang melakukan aksi teror di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (20/2/2022) 

PROHABA.CO, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan menembak Praka Fermansyah, prajurit TNI dari satgas Lanud Kopasgat, Sabtu (19/2) pagi sekitar pukul 07.56 WIT.

Peritiwa tersebut terjadi  di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua Sabtu sore, KKB kembali berulah dengan menyerang warga sipil.

Mereka menembaki truk PT MTT yang bergerak menuju Kampung Kago.

Akibat dari serangan tersebut, Glen Sumampo yang diketahui sebagai karyawan PT MM terkena peluru di bagian rusuk kiri. Ia ditembak di dekat Tugu Kagi, Distrik Illaga sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal menuturkan kronologis penembakan.

"Awalnya korban bersama temannya menggunakan truk PT MTT bergerak menuju Kampung Kago, sekira pukul 15.30 WIT," kata Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam pers rilis yang diterima Tribun-Papua.com, Sabtu (19/2) malam.

Baca juga: Tokoh KKB Intan Jaya Enos Tigapu Ditangkap

Baca juga: 3 Prajurit Gugur Ditembak KKB Papua, Panglima TNI Evaluasi Langkah ke Depan

"Sesampainya di dekat Tugu Kampung Kago, KKB menembak truk tersebut hingga mengakibatkan Glen Sumampo terkena pada rusuk kiri," ujar Kamal.

Korban yang dalam kondisi stabil, langsung dilarikan ke Puskesmas Ilaga guna mendapatkan pertolongan medis. Sementara, kepolisian setempat melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

Korban direncanakan akan dievakuasi ke Timika untuk menjalani perawatan intensif.

Sementara itu Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengatakan prajurit TNI yang tertembak, Praka Fermansyah adalah anak bangsa Indonesia asli Papua dari Suku Biak.

"Saat ini korban Praka Fermansyah dalam kondisi sadar dan sudah dievakuasi menuju Puskesmas Ilaga, Kabupaten Puncak dengan menggunakan ambulance milik Bandara Ilaga," kata dia.

Rencananya korban akan dievakuasi menggunakan Heli TNI AU menuju Bandara Mozes Kilangin Mimika.

"Aksi teror yang mereka (KKB) lakukan sangat biadab, melanggar HAM, tidak berperikemanusiaan, bahkan jelas tidak menginginkan pembangunan berjalan di Papua," sambungnya.(kompas.com)

Baca juga: Lagi, Seorang Prajurit TNI Ditembak KKB

Baca juga: Diserang KKB, Tiga Anggota TNI Gugur dan Seorang Kritis

Baca juga: Pasutri Tewas Tertimbun Pupuk, Anaknya Histeris Depan Gudang

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved