Konflik Rusia Vs Ukraina

Pangkalan Militer Ukraina Diserang Rusia, 35 Orang Tewas, 134 Lainnya Terluka

Rusia telah menembakkan rudal di dekat kota Lviv dan menghantam sebuah pangkalan militer besar di dekat perbatasan Polandia pada hari Minggu kemarin.

Editor: IKL
AFP
Prajurit Ukraina membawa mayat seorang kawan di atas tandu di kota Irpin, barat laut Kyiv, pada 13 Maret 2022. Pasukan Rusia maju semakin dekat ke ibu kota dari utara, barat, dan timur laut. - Sebanyak 35 orang tewas dan 134 terluka akibat serangan udara Rusia di pangkalan militer Ukraina. 

PROHABA.CO - Rusia telah menembakkan rudal di dekat kota Lviv dan menghantam sebuah pangkalan militer besar di dekat perbatasan Polandia pada hari Minggu (13/3/2022).

Serangan rudal tersebut menewaskan puluhan orang dan membuat perang semakin dekat ke perbatasan dari negara NATO.

Saat invasi memasuki minggu ketiga, kota barat laut Lviv sebagian besar telah dibombardir tanpa henti oleh Rusia.

Kota itu sekarang menjadi tempat berkumpulnya bagi pengungsi Ukraina.

Ratusan ribu dari mereka telah membanjiri kota untuk mencari keamanan, dengan banyak yang menggunakannya sebagai titik pemberhentian sebelum mencapai perbatasan Polandia sekitar 43 mil jauhnya.

Dikutip dari CNN, pasukan Rusia menembakkan lebih dari 30 rudal ke tempat pelatihan militer Yavoriv pada hari Minggu, menurut administrasi militer Lviv.

Terletak di antara Lviv dan perbatasan Polandia, pangkalan militer itu telah mengadakan latihan bersama dengan personel militer NATO dan Barat, termasuk Amerika Serikat.

Seorang saksi, yang berada di pangkalan ketika serangan itu terjadi, mengatakan mendengar "ledakan tiba-tiba" dari tempat perlindungan bom.

Dia menambahkan bahwa kawah ledakan sedalam 10 meter dan ada kekhawatiran orang-orang berada di bawah puing-puing.

Pihak berwenang setempat mengatakan 35 orang tewas dan 134 terluka di pangkalan militer, dalam apa yang digambarkan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov sebagai "serangan teroris" terhadap perdamaian dan keamanan "di dekat perbatasan Uni Eropa-NATO."

Sejauh ini tidak ada laporan warga negara asing di antara korban, kata pejabat pertahanan Ukraina.

Serangan itu terjadi sehari setelah Rusia melancarkan serangan rudal di kota timur laut Lutsk, hanya 70 mil dari perbatasan Polandia.

Penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan bahwa serangan di Lviv adalah tanda bahwa perang tidak direncanakan.

Presiden Rusia Vladimir Putin "frustrasi dengan fakta bahwa pasukannya tidak membuat kemajuan seperti yang dia pikir akan mereka buat melawan kota-kota besar, termasuk Kyiv, bahwa dia memperluas jumlah target, bahwa dia menyerang, dan bahwa dia berusaha menyebabkan kerusakan di setiap bagian negara," kata Sullivan. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com, https://www.tribunnews.com/internasional/2022/03/14/serangan-udara-rusia-di-pangkalan-militer-ukraina-tewaskan-35-orang-134-terluka?.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved