Universitaria

Google Buka 3.000 Beasiswa IT Lulusan D3-S1 Semua Jurusan

Pandemi Covid-19 membuat penggunaan teknologi semakin luas, baik untuk kegiatan belajar mengajar, sistem sekolah, hingga perusahaan dan organisasi ...

Editor: Muliadi Gani
Kompas.com
Kantor Google Indonesia 

PROHABA.CO - Pandemi Covid-19 membuat penggunaan teknologi semakin luas, baik untuk kegiatan belajar mengajar, sistem sekolah, hingga perusahaan dan organisasi pemerintah.

Namun, perkembangan teknologi yang kian pesat, kerap tak diimbangi oleh ketersediaan talenta digital.

Indonesia sendiri diprediksi kekurangan 9 juta talenta digital hingga tahun 2030.

Guna memenuhi kebutuhan talenta digital, di samping meningkatkan kualitas SDM untuk berkarier di bidang teknologi, Google Indonesia menghadirkan sejumlah program, salah satunya program beasiswa "IT Support Fresh Graduate Academy" yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Meski teknologi dapat memudahkan, sering kali, terjadi kendala ketika komputer rusak, sistem gagal, atau telepon mati, membutuhkan seorang ahli untuk memperbaikinya atau IT Support.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 ke Irlandia 2022 Dibuka, Tunjangan Rp 161 Juta Per Tahun

IT Support merupakan bidang tentang pemecahan masalah dan menyediakan layanan untuk pengguna, termasuk menyiapkan komputer untuk karyawan di perusahaan, sekolah atau instansi tertentu, mengawasi sistem komputer, dan mendebug setiap kali masalah muncul.

Berbagai pekerjaan yang tersedia untuk keahlian ini adalah sebagai Teknisi Help-desk, System Analyst, Support Specialist, Administrator Basis Data, Teknisi IT, User Computer Specialist, dan banyak lagi.

Alur karier IT Support telah disiapkan oleh Google untuk memberikan pelatihan mengenai kemampuan seorang ahli dalam menangani berbagai permasalahan IT di instansinya.

Pada pelatihan ini, peserta akan mendapatkan 5 kelas profesional, yaitu: Dasar-Dasar Dukungan Teknis (24 Jam) Seluk Beluk Jaringan Komputer (34 Jam) Sistem Operasi dan Anda:

Menjadi Pengguna yang Berdaya (35 Jam) Administrasi Sistem dan Layanan Infrastruktur TI (28 Jam) Keamanan IT:

Baca juga: 15 Dosen UBBG Lolos sebagai Dosen Pembimbing Lapangan Kampus Mengajar Angkatan III

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved