Pakai Ginjal Embrio Bayi Manusia, Vaksin Covid-19 Cansino Haram

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram untuk vaksin Covid-19 produksi Cansino Biologics INC ...

Editor: Muliadi Gani
SHUTTERSTOCK/Tobias Arhelger
Ilustrasi vaksin Cansino yang dapat izin EUA BPOM. 

PROHABA.CO, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram untuk vaksin Covid-19 produksi Cansino Biologics INC.

Fatwa tersebut tertuang dalam surat keputusan Fatwa MUI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Hukum Vaksin Covid-19 Produksi Cansino Biologics INC. China.

Fatwa yang dipublikasikan di website resmi MUI pada 30 Juni itu menyebutkan hukum penggunaan vaksin Covid-19 produk Cansino haram untuk umat muslim di Indonesia karena memiliki unsur dari ginjal embrio bayi manusia.

"Ketentuan hukum vaksin Covid-19 produk Cansino hukumnya haram karena dalam tahap proses produksinya memanfaatkan bagian anggota tubuh manusia (juz'minal insan) yaitu sel yang berasal dari ginjal embrio bayi manusia," tulis Fatwa yang ditandatangani ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin dikutip Kompas.com Senin (4/7/2022).

MUI Dalam keputusan fatwa tersebut dijelaskan, sel ginjal embrio bayi manusia tersebut ditemukan saat langkah keenam pembuatan vaksin.

Baca juga: MUI Keluarkan Fatwa Haram Vaksin Covovaxmirnaty dari India

Sel inang yang digunakan untuk proses pembuatan vaksin adalah HEK 293 yang berasal dari embrio bayi manusia yang diperoleh dari National Research Council Canada yang diperbanyak dalam media bahan nabati.

Atas fatwa tersebut, MUI mengeluarkan rekomendasi kepada pemerintah agar memprioritaskan penggunaan vaksin Covid-19 yang halal.

"Khususnya untuk umat Islam," tulis Hasanuddin.

Pemerintah juga diminta mengoptimalkan pengadaan vaksin Covid-19 yang tersertifikasi halal dan memastikan vaksin Covid-19 yang akan digunakan bisa disertifikasi halal.

"Pemerintah (juga) harus menjamin dan memastikan keamanan vaksin yang digunakan," tulis Hasanuddin.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved