Universitaria

Psikolog: Tanda Anak Alami Bullying, Orang Tua Harus Tahu

Kasus Bullying atau perundungan yang dialami oleh F, siswa SD di Tasikmalaya, Jawa Barat, mengingatkan orangtua, guru, dan semua pihak bahwa dampak

Editor: Muliadi Gani
pixabay
Ilustrasi kasus bullying. 

PROHABA.CO - Kasus Bullying atau perundungan yang dialami oleh F, siswa SD di Tasikmalaya, Jawa Barat, mengingatkan orangtua, guru, dan semua pihak bahwa dampak negatif dari perundungan begitu nyata.

Psikolog Keluarga, Anna Surti Ariani menjelaskan bahwa perundungan tidak hanya berbentuk fisik, namun juga bisa dalam bentuk verbal, sosial dan cyber.

"Bullying, atau disebut juga perundungan, adalah tindakan agresif yang sering kali berulang, dengan adanya ketidakseimbangan kekuasaan yaitu pelaku lebih berkuasa dibanding korban.

Perundungan tidak hanya fisik, namun bisa jenis lain," jelasnya, Kamis (21/7).

Perilaku ini masuk kategori bullying, jangan dibiarkan Psikolog yang akrab disapa Nina ini juga mengingatkan bahwa perilaku bullying tidak hanya sebatas fisik saja dan semua perilaku yang masuk kategori bullying juga harus dihentikan.

Perundungan berbentuk fisik, terang Nina, antara lain pukul, dorong, ancaman kekerasan fisik, menyembunyikan atau mencuri, hingga peloncoan.

Sementara perundungan dalam bentuk verbal antara lain menggoda, menyindir, panggilan tidak sopan, mengejek.

Lalu, ada pula perundungan sosial, berupa mengucilkan, menyebarkan gosip, menolak bicara, mempermalukan, menghina, menghambat aktivitas, hingga menyebar foto atau video yang melalukan korban. Dan bentuk perundungan tersebut bisa terjadi di dunia cyber dengan pelaku yang anonim atau tidak ketahuan.

Baca juga: Yuki Kato Ungkap Dampak Bullying di Series Pretty Little Liars Season 2

Tanda-tanda anak alami bullying

Itulah mengapa, Nina menyebut peran orangtua dalam memahami kondisi anak sangatlah penting.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved