Luar Negeri

Berlian Pink 170 Karat Terbesar di Dunia Ditemukan di Angola

Penambang menemukan berlian merah muda di Angola, negara yang terletak di Afrika bagian selatan. Namun, yang ditemukan bukan sembarang berlian, ...

Editor: Muliadi Gani
SERAMBINEWS.COM/STRF
The Lucapa Diamond Company telah menemukan apa yang disebutnya berlian merah muda terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun, menurut siaran pers pada 27 Juli. 

PROHABA.CO, ANGOLA - Penambang menemukan berlian merah muda di Angola, negara yang terletak di Afrika bagian selatan.

Namun, yang ditemukan bukan sembarang berlian, melainkan berlian merah muda terbesar dari jenisnya yang ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

Hal ini membuatnya menjadi berlian yang langka sekaligus istimewa di dunia.

diperkirakan memiliki berat 170 karat, membuat ukurannya hanya sedikit lebih kecil dari berlian Daria-i-Noor yang punya berat 182 karat.

Daria-i-Noor sendiri merupakan pemegang rekor sebagai berlian muda terbesar di dunia yang saat ini merupakan bagian dari Permata Nasional Iran.

Dikutip dari Science Alert, Jumat (29/7/2022) berlian merah muda ini kemudian dijuliki ‘Lulo Rose’ yang mengacu pada tempat penemuannya di tambang Lulo di timur laut Angola.

Baca juga: Enigma, Berlian 555 Karat Terbesar di Dunia, Laku Rp 61,4 Miliar

Penemuan berlian tipe IIa, salah satu bentuk batu alam paling langka dan paling murni ini juga tak pelak mendapatkan respons dari Pemerintah Angola.

“Rekor dan berlian merah muda spektakuler yang ditemukan di Lulo ini menunjukkan Angola sebagai pemain penting di panggung dunia,” kata Menteri Sumber Daya Mineral Angola Diamantino Azevedo.

Sejak tahun 2015, proyek penambangan di Lulo sendiri telah menemukan 27 berlian dengan berat lebih dari 100 karat.

Termasuk di antaranya adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola bernama ‘4th February Stone’.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved