Tahukah Anda

Penyakit Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Infeksi RSCM, dr Robert Sinto SpPD, K-PTI, menyebutkan bahwa cacar monyet atau ‘monkeypox’ ...

Editor: Muliadi Gani
REUTERS via BBC INDONESIA
Telapak tangan pasien yang mengalami gejala karena cacar monyet. 

PROHABA.CO - Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Infeksi RSCM, dr Robert Sinto SpPD, K-PTI, menyebutkan bahwa cacar monyet atau ‘monkeypox’ dapat sembuh sendiri.

Penyakit cacar monyet memang diketahui sebagai ‘self-limiting disease’, artinya seiring berjalannya waktu infeksi akan sembuh dengan sendirinya.

“Jadi, memang dia (cacar monyet) bisa sembuh sendiri, yang bisa kita lakukan adalah melihat apakah muncul komplikasi atau tidak,” terang Robert dalam webinar bertajuk Indonesia Waspada Wabah Monkeypox yang digelar Continuing Medical Education (CME) FKUI, Selasa (9/8/2022).

Lebih lanjut ia jelaskan, berdasarkan data dari 70 pasien cacar monyet yang memerlukan perawatan di rumah sakit hanya 13 persen.

Mereka adalah pasien yang mengeluhkan nyeri, infeksi sekunder, memiliki infeksi di area lain, epiglogtitis atau peradangan yang menghalangi udara ke paru-paru, dan miokarditis (peradangan pada jantung).

Sementara ini, menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka kematian cacar monyet relatif rendah, yakni hanya lima kasus di wilayah Afrika per 25 Juli 2022.

Menyusul laporan tersebut, ada empat kematian di luar Afrika, termasuk Spanyol, India, dan Brasil yang rata-rata meninggal karena dehidrasi, gangguan di otak, serta mengalami gangguan di jantung.

Baca juga: Orang yang Pernah Terinfeksi Covid-19 Lebih Rentan Tertular Cacar Monyet?

Adapun manajemen pengobatan kasus cacar monyet bersifat simptomatis gejala dan terapi suportif berupa:

- meringankan keluhan;

- mempercepat penyembuhan lesi;

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved