Dokumen Berharga yang Ditulis Galileo Ternyata Palsu

Selama hampir satu abad, Perpustakaan University of Michigan, Amerika Serikat, percaya bahwa mereka menyimpan koleksi berharga berupa manuskrip ...

Editor: Muliadi Gani
Image credit: University of Michigan Library
Tulisan tangan yang selama ini dikira ditulis oleh Galileo ternyata palsu 

PROHABA.CO, MICHIGAN - Selama hampir satu abad, Perpustakaan University of Michigan, Amerika Serikat, percaya bahwa mereka menyimpan koleksi berharga berupa manuskrip yang ditulis oleh astronom Galileo Galilei.

Namun, setelah dilakukan penyelidikan internal pihak universitas pun mengumumkan hal yang mengejutkan: dokumen itu ternyata palsu.

Logo atau watermark di dokumen tersebut disebut tidak lebih awal dari abad ke-18 atau lebih dari seratus tahun setelah kematian astronom terkenal tersebut.

“Sangat memilukan ketika kami pertama kali mengetahui bahwa itu bukan tulisan Galileo yang sebenarnya,” ungkap Don-na L.Hayward dari University of Michigan.

Dikutip dari Live Science, Rabu (24/8/2022) selembar kertas dokumen itu merupakan koleksi berharga dari Perpustakan University of Michigan.

Universitas telah memiliki manuskrip tersebut sejak 1938 setelah Tracy McGregor menyumbangkannya ke universitas.

Baca juga: Channa Barca, Ikan Hias Berkepala Ular dengan Harga Termahal di Dunia

MecGregor sendiri merupakan pengusaha Detroit yang memperoleh dokumen tersebut di lelang kolektor pada tahun 1934.

Katalog lelang tahun 1934 mengeklaim bahwa Kardinal Pietro Maffi, Uskup Agung Pisa, telah mengautentikasi manuskrip tersebut dengan membandingkannya dengan surat-surat Galileo lain.

Dalam manuskrip itu, pada bagian atasnya berisi presentasi tentang teleskop baru kepada Doge of Venice pada tahun 1609. Sedangkan bagian bawah dokumen adalah catatan satelit-satelit Jupiter.

Namun, ketika Nick Wilding, seorang sejarawan di Georgia State University melihat dokumen tersebut, ia curiga ada sesuatu yang salah.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved