Tahukah Anda

Hipertensi Bisa Sebabkan Stroke

Hipertensi dapat menyebabkan gumpalan darah otak mengeras dan aliran darah menuju otak terhambat sehingga memicu terjadinya stroke ...

Editor: Muliadi Gani
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat memicu gagal jantung. 

PROHABA.CO - Orang-orang yang menderita hipertensi diminta untuk tidak menyepelekan kondisi ini, karena bisa menjadi faktor risiko utama stroke.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Saraf RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Eka Harmeiwaty dalam Media Briefing Bayer bertajuk “Waspada Hipertensi Merusak Otak!” pada Rabu (31/8/2022).

“Hipertensi merupakan faktor risiko utama kejadian stroke,” kata Eka.

Eka menjelaskan, setiap kenaikan tekanan darah sistolik 2 mmHg akan meningkatkan risiko stroke 10 persen pada orang dewasa.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2021, terdapat 1,4 milyar penduduk dunia hidup dengan hipertensi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI Indonesia 2018, prevalensi hipertensi 34,31 persen dan hanya 8,8 persen yang terdiagnosis.

Lalu, kata Eka, penyakit hipertensi ini ditemukan pada 64-70 persen kasus stroke.

Baca juga: Derita Stroke di Usia Muda, Gadis Ini Ingatkan Bahaya Kebiasaan Begadang

Hipertensi dapat menyebabkan gumpalan darah otak mengeras dan aliran darah menuju otak terhambat sehingga memicu terjadinya stroke.

Stroke yang terjadi pun beragam, mulai dari skala ringan sampai stroke berat yang bisa menyebabkan kecacatan menetap atau mengancam jiwa, terutama jika hipertensi tidak ditangani.

Secara mekanisme, tekanan darah tinggi pada dasarnya menyebabkan kerusakan sel dinding pembuluh darah (sel endotel) dan mengganggu fungsi dari otot di dinding pembuluh darah nadi atau arteri.

Kondisi ini dapat membuat arteri menjadi kaku dan tersumbat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved