Inggris Siap Kirim Sistem Rudal Pertahanan Udara untuk Ukraina

Inggris menyatakan siap untuk mengirim bantuan berupa sistem rudal pertahanan udara ke Ukraina

Editor: IKL
Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg
Ilustrasi rudal. Inggris menyatakan siap untuk mengirim bantuan berupa sistem rudal pertahanan udara ke Ukraina, menyusul serangan Rusia ke Kyiv dan kota-kota lain dalam beberapa hari terakhir 

PROHABA.CO, LONDONInggris menyatakan siap untuk mengirim bantuan berupa sistem rudal pertahanan udara ke Ukraina, menyusul serangan Rusia ke Kyiv dan kota-kota lain dalam beberapa hari terakhir.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace menjelang pertemuan anggota NATO di Brussels pada Kamis (13/10/2022).

Dikutip dari Reuters, Kamis (13/10/2022) Wallace mengatakan bahwa Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile, atau AMRAAM, yang akan dikirim dalam beberapa minggu mendatang dapat digunakan bersama dengan National Advanced Surface-to-Air Missile System, atau sistem pertahanan udara NASAMS yang diberikan oleh Amerika Serikat.

Dia juga menambahkan, ratusan sistem rudal pertahanan udara tambahan dari jenis lain juga akan disumbangkan, bersama dengan lebih banyak drone udara dan 18 senjata artileri howitzer lainnya.

"Serangan tanpa pandang bulu terbaru Rusia di wilayah sipil di Ukraina memerlukan dukungan lebih lanjut bagi mereka yang ingin membela negara mereka,” kata Wallace.

“Saya telah mengizinkan untuk mengirim sistem rudal anti-pesawat AMRAAM ke Ukraina,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin berharap Ukraina dapat melakukan apa saja sepanjang musim dingin untuk mendapatkan kembali wilayahnya.

“Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk melawan serangan Rusia,” kata Austin.

 Di sisi lain, Jerman pada Rabu (12/10) mengonfirmasi bahwa pengiriman sistem pertahanan udara IRIS-T telah sampai di Ukraina.

Baca juga: Legenda Rock Roger Waters Klaim Dirinya Jadi Target Pembunuhan Ukraina

Baca juga: UPDATE Perang Rusia-Ukraina Hari ke-216: Referendum Ukraina Memasuki Hari Terakhir

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Inggris Siap Kirim Sistem Rudal Pertahanan Udara untuk Ukraina

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved