Masjid Jakarta Islamic Centre Kebakaran

Kondisi Masjid Jakarta Islamic Centre Masih Panas dari Sisa Asap Kebakaran

Polisi menyebut kondisi Masjid Jakarta Islamic Centre saat ini masih terasa panas pasca-kebakaran yang terjadi pada Rabu (19/10/2022) sore

Editor: IKL
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Proses pendinginan Masjid utama Jakarta Islamic Centre yang ditutup seiring proses penyelidikan kebakaran kubah, Kamis (20/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

PROHABA.CO, JAKARTA - Polisi menyebut kondisi Masjid Jakarta Islamic Centre saat ini masih terasa panas pasca-kebakaran yang terjadi pada Rabu (19/10/2022) sore.

"(Keadaan) masih panas, masih berasap, sisa-sisa asap," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Febri Isman Jaya kepada wartawan, Kamis (20/10/2022).

Untuk itu, Febri mengatakan pihaknya berencana untuk kembali memanggil petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk memastikan tidak ada api lagi yang masih menyala.

"(Lokasi yang masih panas di) atas dan di bawah. Makanya kami pastikan lagi mengundang damkar utnuk nyiram semua," ujarnya.

Di sisi lain, Febri mengungkapkan pihaknya masih melakukan olah TKP bersama tim Puslabfor Polri.

Nantinya, dari proses olah TKP itu akan diambil sampel yang akan diuji untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut.

"Sampel-sampel itu diambil, sampelnya seperti apa dan apa penyebabnya. Nanti hasil dari itu kami sampaikan ke rekan-rekan," jelasnya.

Sebelumnya, Pihak kepolisian masih menyelidiki soal insiden kebakaran Masjid Jakarta Islamic Centre, Tugu Utara, Koja, Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo mengungkapkan pihaknya menemukan adanya unsur kelalaian sehingga bangunan tersebut terbakar pada bagian kubahnya.

"Ya ada kelalaian, ini kan masih kita dalami lagi," kata Wibowo saat dihubungi, Kamis (20/10/2022).

Wibowo menyebut sejauh ini sudah ada empat orang pekerja yang diamankan untuk dilakukan pemeriksaan sebagai saksi terkait insiden kebakaran tersebut.

Menurut pekerja, kata Wibowo, saat mereka tengah melakukan renovasi, terdapat percikan api yang kemudian menyambar ke bahan yang mudah terbakar.

"Ditambah karena angin juga besar kemudian para pekerja ini mencoba untuk memadamkan menggunakan APAR tapi nggak berhasil, makin membesar api," tuturnya.

Sejauh ini, Wibowo mengatakan penyebab kebakaran tersebut diduga dari alat las di lokasi. 

Meski begitu, dia mengatakan masih melakukan pendalaman dengan dibantu anggota Puslanfor Polri untuk memastikan penyebab utama kebakaran tersebut.

"Ada hari ini (Pihak JIC diperiksa), cuma hari ini kita fokus utk melakukan olah TKP nanti dibantu oleh kawan-kawan dari Puslabfor Polri untuk mencari penyebab utama kebakaran hari ini rencana kita jam 10," bebernya. (*)

Baca juga: Polisi Duga Ada Kelalaian dalam Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Centre, Api Berasal dari Alat Las

Baca juga: Pj Gubernur DKI Jakarta Pastikan Titik Kebakaran Masjid JIC hanya Pada Kubah


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kondisi Masjid Jakarta Islamic Centre Masih Panas dari Sisa Asap Kebakaran 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved